Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan

pohon

Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan

A. Struktur akar dan fungsinya

Akar adalah salah satu bagian penting pada tumbuhan. Akar umumnya berada di dalam tanah. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya dan berwarna putih kekuning-kuningan. Akar memiliki bagian-bagian, yaitu:
1. Inti akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu yang berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Dan terdiri dari pembuluh tapis yang berfungsi untuk mengangkat hasil fotosintis dari daun keseluruh tumbuhan.

2. Rambut akar. Rambut akar/bulu akar berbentuk serabut halus yang terletak di dinding luar akar. Fungsinya untuk mencari jalan diantara butiran tanah. Hal ini menyebabkan akar dapat tembus ke dalam tanah.

3. Tudung akar. bagian ini melindungi akar saat menembus tanah.

Akar dikelompokkan menjadi dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

1. Akar serabut
Akar serabut berbentuk seperti serabut yang ukurannya relatif kecil, tumbuh di pangkal batang dan besarnya hampir sama. Akar semacam ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil). Misalnya kelapa, rumput, pada, dan jagung.

2. Akar Tunggang
Akar tungganh adalah akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan batang, sedangkan akar-akar yang lain merupakan cabang dari akar utama. Jenis akar ini dimiliki tumbuhan berkeping dua (Dikotil). Misalnya, keledai, mangga, jeruk dan melinjo.

3. Fungsi akar
▶ Menyerap air dan zat hara (mineral). Tumbuhan memerlukan air dan zat hara untuk kelangsungan hidupnya.
▶Menunjang berdirinya tumbuhan. seperti sebagai pondasi bangunan.
▶ Sebagai alat pernapasan.
▶ Sebagai pwnyimpan makanan cadangan.

 

B. Struktur Batang dan Fungsinya

1. Struktur batang
Bagian ini umumnya tumbuh diatas tanah. Arah batang tumbuhan menuju sinar matahari. Struktur batang terdiri dari epidermis, korteks, endodermis dan silinder pusat. Silinder pusat pada batang terdiri dari empulur, peeikardium, dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem.

2. Fungsi Batang
Warna batang biasanya hijau muda sedangkan batang yang telah tua kecokelatan. Batang memiliki kegunaan yaitu sebagai pemopang, pengangkut air dan zat makanan, menyimpan cadangan makanan dan alat perkembangbiakan.

 

C. Struktur daun dan fungsinya
1. Struktur daun
Bagian daun lengkap terdiri atas, tulang daun, helai daun. Selain itu daun juga memiliki urat. Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun. Tumbuhan monokotil memiliki daun berbentuk ujung daun sejajar. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki urat daun berbentuk jaringan.
Bentuk daun memiliki macam-macam bentuk ada yang menyirip, melengkung, menjari dan juga sejajar.

2. Fungsi daun
a. Pembuatan makanan. Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Tempat kelangsungan proses hidupnya.
b. Pernapasan. Dipermukaan daun terdapat mulut daun (stomata). Melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara.
c. Penguapan. Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air akan menyebabkan tumbuhan menjadi busuk.

 

D. Struktur bagian bunga dan fungsinya
1. Struktur bunga
Bunga memiliki bagian-bagian sebagai berikut:
a. Kelopak, kelopak berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
b. Mahkota, merupakan bagian bunga yang indah dan berwarna-warni.
c. Benang sari dan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan.
d. Putik sebagai alat kelamin betina.
e. Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna.

2. Fungsi Bunga
Fungsi bunga adalah sebagai alat perkembangbiakan generatif. Perkembangbiakan generatif merupakan perkembangbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga pembuahan terjadu didahului penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala putik.
Bagian bunga yang paling menarik adalah mahkota. Mahkota yang indah dan berbau menyengat menarikbperhatian serangga. Seperti kupu-kupu, kumbang dan lebah. Akibatnya tanpa disadari proses penyerbukan terjadi. Sedangkan bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan, pelengkap upacara adat, dan bahan rempah-rempah.

Bagian-bagian penting tumbuhan adalah akar, batang, daun dan bunga. Akar dibedakan menjadi dua yaitu akar tunggang dan akar serabut. Fungsi akar untuk menyerap air dan zat ahara. Jenia batang bermacam-macam ada yang berkayu, basah, batang rumput. Fungsi utama batang sebagai pemopang tegaknya tumbuhan. Tumbuhan juga dilengkapi dengan daun. Daun berfungsi sebagai proses pembuatan makanan, penguapan dan pernapasan. selain itu tumbuhan juga memiliki bunga yang berdungsi sebagai alat perkembangbiakan dan hiasan bagi manusia.

Leave a Reply