Kalian Harus Tau Sifat Wajib Allah S.W,T

sifat allah

Sifat-sifat Wajib Allah Swt

Allah itu Maha Esa, yang artinya satu. Tidak ada yang bisa menyerupainya. Baik Dzat maupun sifat-sifat yang dimilikinya. Allah itu maha segalanya dan diyakini oleh setiap umatnya.
Kita sebagai umat islam yang beriman tentu saja sangat mempercayai bahwa Allah itu adalah Maha pencipta bumi dan langit beserta seluruh isinya.
Dengan mengenal sifat-sifat allah, maka kita akan mengetahui dan lebih mengenal Allah dengan segala kebesaranNya.
Tahukah kalian, apa saja sifat-sifat yang wajib dimiliki Allah?, untuk mengetahuinya marilah kita lihat penjelasan berikut:

1. Wujud
Wujud artinya ada. Allah itu ada bukan karena dia diciptakan oleh siapa tapi melainkan Allah itu ada karena Dzat-Nya sendiri. Kita mengetahui adanya Allah dari segala yang ada dimuka bumi ini. Seluruh yang ada dimuka bumi ini tentu saja ada yang menciptakannya. Mustahil jika sesuatu itu tidak ada yang menciptakannya. Contohnya saja, Televisi, meja, rumah, ataupun bahan makanan yang sering kita makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan. Tentu saja semua itu ada yang menciptakannya. Lalu siapa yang menciptakan semua itu? Tentu saja manusia, dengan adanya manusia dan kemampuan yang dimilikinya maka terciptalah alat-alat atau bahan makanan tersebut. Sama halnya dengan langit, bumi beserta isinya, yang menciptakan siang dan malam. Itu juga ada yang menciptakannya. Lalu siapa yang menciptakan langit, bumi beserta isinya, bulan, bintang dan bahkan manusia itu?. Yang menciptakan semua itu adalah Allah swt.
Tahukah kalian, sungguh nikmat luar biasa Allah itu maha pencipta sesuatu. Dengan hal tersebut Allah itu ada.

2. Qidam
Allah bersifat qidam artinya terdahulu. Maksudnya Allah itu ada maha pencipta sesuatunya. Sebelum Allah menciptakan sesuatu tersebut, Allah sudah terlebih dahulu ada. Allah itu terdahulu tidak mungkin ada yang mendahuluinya, sebelum Ia menciptakannya.
Misalkan, motor. Tidak mungkin motor itu langsung ada, tentunya ada tukang motor yang membuatnya. Tukang motor lebih dahulu dibandingkan dengan motor. Sama halnya dengan Allah, adanya seluruh alam ada yang membuatnya yaitu Allah swt.

3. Baqa
Baqa artinya kekal. Allah bersifat kekal artinya Allah itu akan tetap ada selamanya walaupun dunia telah binasa. Bumi, alam, makhluk hidup didunia ini, akan rusak dan mati. Tetapi tidak dengan Allah. Meski semuanya hancur Allah akan tetap kekal abadi selamanya.

4. Mukhallafatul lilhawaditsi
Mukhallafatul lilhawaditsi artinya berbeda dengan makhluk-Nya. Allah itu tidak sama dengan apa yang diciptakan-Nya. Manusia, bulan, bintang dan lain sebagainya. Seperti tukang lemari, dia membuat lemari tentu saja dia tidak sama dengan lemari yang dibuatnya. Bagitupun antar sesama manusia, Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam watak, sifat dan rupa.

5. Qiyamuhu Binafsihi
Allah bersifat qiyamuhu binafsihi artinya Allah itu berdiri sendiri. Allah lah yang mengatur semua apa yang terjadi dimuka bumi ini. Baik maha pembolak balik hati manusia maupun mengetahui lahir dan akhir. Dalam mengatur semua apa yang terjadi Allah tidak pernah membutuhkan bantuan siapapun karena Dia berdiri sendiri.

6. Wahdaniyah
Allah bersifat wahdaniyah artinya satu atau esa. Kalau kita perhatikan Allah menciptakan segala sesuatu itu dengan rapi tidak ada yang berbenturan. Semua itu membuktikan bahwa allah itu satu. Karena hanya Dialah satu-satunya maha pencipta.

7. Qadrat
Qadrat artinya kuasa. Maksudnya Allah itu dapat berbuat dan bertindak sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Tidak ada yang bisa menyamai kekuasaan dan kebesaran-Nya. Sebagai firman allah dalam surat ali-imron ayat 26:
” katakahlah wahaj engkau tuhan yang mempunyai kerajaan, engkau berikan kekuasaan kepada orang-orang yang engkau kehendaki, engkau muliakan orang yang engkau kehendaki dan engkau hinakan orang yang engkau kehwndaki ditangan, engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala seauatu”

8. Iradat
Iradat artinya allah maha mutlak. Allah itu tidak terbatas dan maha mengatur segala sesuatunya. Yang tidak diatur dan tidak dipaksa oleh siapapun. Allar itu bertindak dengan sendirinya tidak dipengaruhi oleh orang lain.

9. Ilmu
Sifat ilmu yang dimiki Allah adalah ilmu yang tidak pernah ada batasnya. Ilmu Allah meliputi yang ada di alam ini. Banyak planet dan benda-benda langit lainnya yang tak dapat diketahui manusia. Manusia hanya bisa mengatahui dan melihat yang tampak. Karena semakin banyak sesuatu yang tidak diketahui manusia, itu karena manusia memiliki ilmu yang terbatas. ilmu manusia dibandingkan dengan ilmu Allah tidak ada apa-apanya. Hal ini.menunjukkan betapa kecilnya ilmu yang dimiliki manusia.

10. Hayat
Allah bersifat hayat artinya allah itu bersifat hidup. Allah itu tak berakhir. Allah maha hidup dan memberikan kehidupan kepada makhluk hidup dan mencabuynya kembali sesuai dengan dikehendaki-Nya.

11. Sama’
Sama’ artinya Allah itu maha mendengar. Allah mendengar segala sesuatunya, bahkan yang berbisik-bisikpun Allah maha mendengan apa yang mereka bicarakan. Begitu pula saat hamba-hamba-Nya berdo’a meminta pertolongan, Allah mendengar semuanya.

12. Basar
Selain bersifat sama’, Allah juga bersifat basar artinya maha melihat. Segala perbuatan dan tingkah manusia selalu dilihat dan diawasi oleh Allah. Baik ditempat ramai maupun sepi. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Hujarat ayat 18:
“Seaungguhnua Allah mengetahui apa yang ghaib dilangit dan dibumi. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan”

13. Kalam
Sifat kalam artinya berfirman tidak ada batasnya, sebagai petunjuk manusia. Allah telah menciptakan kitab al-qur’an yang diturunkannya untuk hamba-Nya melalui perantara Nabi Muhammad Saw. Isi Al-qur’an tersebut merupakan segala sesuatu apa yang akan terjadi dibumi, serta petunjuk bagi manusia untuk melakukan perbuatan yang selalu berada dijalan-Nya.

Dengan beberapa sifat-sifat wajib Alllah swt diatas, jelas bahwa Allah segalanya. Allah itu yang menciptakan bulan, bintang, planet-planet, bumi beserta isinya. Tidak ada yang bisa menandingi kebesaran dan kekuasaan yang dimiliki-Nya. Allah itu tidak tidur, Allah mengetahui, melihat, mendengar apa yang terjadi dimuka bumi ini serta mendengar do’a-do’a yang selalu dipanjatkan umat-Nya. Tidak ada yang bisa menyerupai-Nya.

 

Leave a Reply