Sifat dan Perubahan Wujud Benda

benda

sumber gambar pixabay

Sifat dan Perubahan Wujud Benda

A. Sifat benda
Banyak sekali disekitar/disekeliling kita benda-benda yang bermacam bentuk dan warna. Benda disebut juga dengan barang. Benda merupakan makhluk hidup.
Berdasarkan wujudnya, benda dikelompokkan menjadi:
1. Benda Padat
Benda padat yaitu benda-benda yang seperti meja, lemari, papan tulis dan kursi. Bentuk dan ukurannya padat tetap, meskipun tempatnya berubah.

2. Benda Cair
Peehatikan minyak goreng yang dipakai ibumu di dapur untuk memasak. Saat didalam botol bentuknya seperti botol. Saat didalam wajan bentuknya seperti wajan. Air berubah bentuk sesuai dengan wadahnya. Sifat-sifat benda cair adalah:
a. Bentuknya tidak tetap
b. Bentuk peemukaannya selalu datar.
c. Benda cair mengalir ketempat yang lebih rendah.
d. Benda cair menekan kesegala arah.
e. Benda cair meresap melalui celah-celah kecil.

3. Benda Gas
Benda yang tidak dapat kita lihat tetapi bisa kita rasakan disebut benda gas. Seperti contoh, meskipun udara tidak pernah terlihat tapi bisa dirasakan keberadaannya. Hal ini terbukti disaat kita berada didekat balin yang terbuka. Kita dapat merasakan hembusan udara keluar dari mulut balon.

 

B. Perubahan Wujud Benda
Ada beberapa perubahan wujud benda yaitu:
1. Mencair (melebur)
Pernahkah kamu berpikir mengapa es dan mentega dapat berubah menjadi cair?
Es dan mentega berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan suhu (panas). Peristiwa perubahan wujud zat padat ke zat cait dinamakan mencair dan melebur.

2. Membeku
Perubahan benda cair menjadi benda padat disebut membeku. Es adalah wujud air dalam benuk padat. Air dapat membeku jika mwngalami penurunan suhu yang sangat dingin.

3. Menguap
Peristiwa perubahan zat cair menjadi gas disebut penguapan. Penguapan terjadi jika kenaikan suhu yang besar. ada 4 cara agar mempercepat penguapan yaitu, memanaskan, memperluas permukaan, meniupkan udara diatasnya dan mengurangi tekanan diatas permukaan.

4. Mengembun
Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud benda gas menjadi cair. Bila kamu amati bagian luar gelas tempat kamu membuat es menjadi basah. Mengapa demikian? Karena uap air dalam udara yang menyentuh gelas mengembun. Hal ini disebabkan suhu gelas lebih rendah dari pada suhu uap air disekitar gelas.

5. Menyublim
Menyunlim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat.

 

C. Sifat Bahan dan kegunaannya
Berbagai jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat benda antara lain plastik, kayu, logam, karet, kaca dan kertas.
1. Bahan plastik dan kegunaannya
Plastik banyak digunakan sehari-hari antara lain, jas hujan, kemasan air mineral dan ember. Plastik memiliki sifat tidak tembus air atau kedap air. Penggunaan plastik yang berlebihan dapat menimbulkan pencemaran atau polusi lingkungan.

2. Bahan logam dan kegunaannya.
Logam merupakan bahan yang kuat dan kokoh. Logam bersifat penghantar listrik dan tidak tembus cahaya meskipun memiliki permukaan yang mengkilap. Logam dapat dibentuk dengam mudah bila panaskan. Jenis logam yang banyak digunakan adalah aluminium, besi dan baja. Aluminium dimanfaatkan untuk membuat bahan bangunan (atap, pintu, dan jandela) dan perabotan rumah tangga.

3. Bahan karet dan kegunaannya
Karet ada dua jenis, alam dan buatan. Karet alam berasal dari getah pohon karet yang disadap. Sedanggkan karet buatan dari unsur-unsur kimia. Keuntungan bahan karet adalah bersifat lentur, tidak menyerap air serta tidak mudah robek dan patah. Karet cenderung tidak tahan panas. Karet menjadi bahan pembuatan ban sepeda, motor, mobil.

4. Bahan kertas dan kegunaannya
Kertas berbentuk lembaran dibuat daru serat kayu/bambu. Kegunaan kertas untuk menulis, menggambar, dan sebagai pembungkus makanan. Kertas juga dapat digunakan untuk media membuat majalah, koran dan buku tulis.

5. Bahan kaca dan kegunaannya
Bahan kaca tembus pandang dapat didahului cahaya. Artinya, kita dapat melihat keadaan dibalik kaca tersebut. Kaca digunakan untuk jendela, spion dan lensa kaca mata.

Benda menurut wujudnya ada tiga yaitu benda padat, cair dan gas. Bentuk ukuran benda padat tetap meskipun berubah tempat. Bwntuk benda cair mengikuti wadah yang ditempatinya. Bentuk gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Perubahan wujud benda antara lain melebur, menguap, membeku, mengembun, menyublim dan mengkristal. Sedangkan sifat bahan ada bermacam-macam seperti bahan plastik, logam, karet, kertas dan kaca sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Leave a Reply