Inilah Rezeki dari Allah SWT

Rezeki dari Allah SWT

Allah swt adalah maha segalanya, yang menghidupkan manusia, memberi ilmu, akal, rezeki, mamatikan dan menghidupkan kembali. Tidak ada yang mampu menyerupai kemurahan Allah swt. Disini kita akan membahas tentang rezeki yang diberikan Allah swt kepada kita.

Rezeki merupakan penghidupan yang di berikan dari Allah swt yang berguna untuk segala sesuatu yang bermanfaat bagi kita. Kita semua dapat merasakan rezeki dan kenikmatan yang sungguh luar biasa. Coba bayangkan, ketika kita tidak ada rezeki. Lalu bagaimana kita akan menjalani kehidupan? Dari mana kita mendapatkan rezeki? Dari Allah swt, dengan cara kita berusaha dan berdo’a. Nah, ini merupakan bukti bahwa Dialah satu-satunya pembagi rezeki.

Rezeki itu dapat berupa apa saja, baik itu berupa uang, bahan pokok seperti pakaian, peralatan, tempat singgah dan lain sebagainya yang diberikan Allah swt. Jika kita menghitung berapa banyak rezeki yang diberikan Allah swt, tak kan terhitung bagi kita. Banyak sekali limpahan rezeki yang diberikan-Nya, adapun macam-macam rezeki  yang diberikan Allah swt, contohnya seperti:

1. Islam, Islam merupakan rezeki yang paling utama diberikan Allah swt sebagai jalan untuk menuju keselamatan umat manusia.
2. Karunia hidup, yang diberikan-Nya untuk menikmati hidup didunia ini.
3. Kesehatan jasmani rohani
4. Bisa merasakan bermacam-macam makanan, minuman buah-buahan dan lainnya.
5. Udara, udar tidak pernah dibeli padahal harganya sangay mahal.
6. Bentuk tubuh yang sempurna.
7. Hatu nurani, akal pikiran, panca indera, lengkap dengan kegunaannya.

Kita sebagai umat beragama percaya bahwa rezeki itu datang dan diberikan oleh Allah swt. Namun, tidak hanya langsung datang dengan sendirinya tetapi dengan akal pikiran, jelas kita berpikir bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu membutuhkan usaha/kerja yang keras. Islam tidak menganjurkan umatnya untuk tidak berbuat apa-apa (pengangguran) dan menggantungkan dirinya kepada orang lain atau meminta-minta. Jadi mencari rezeki itu adalah suatu keharusan. Dilakukan dengan kerja yang halal, tujuannya benar dan akan mendapatkan rezeki yang halal pula dan mendapatkan pahala dengan usaha yang telah dilakukannya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, rezeki itu adalah segala sesuatu yang bermanfaat bagi kita. Rezeki datangnya dari Allah swt, Allah swt memberikan kita akal pikiran untuk berpikir dan berusaha mencari rezeki. Allah swt menganjurkan agar umatnya mencari rezeki dari jalan yang halal dan berkah untuk hidup yang layak, aman, damai dan bahagia. Dalam islampun tidak menganjurkan untuk hidup tergantung pada orang lain atau dengan cara belas kasihan dan meminta-minta. Rezeki yang diberikan Allah swt tak dapat terhitung, Secara garis besar, rezeki yang diberikan Allah swt kepada kita seperti beragama islam, karunia yang diberikannya berupa hak hidup, kesehatan, beemacam-macam makanan dan minuman, Udara, bentuk tubuh yang sempuna dan hati nurani, akal pikiran, dan panca indera seauai dengan fungsi dan kegunaanya masing-masing.

2 Comments

Leave a Reply