Pentingnya mengkonsumsi sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang perlu kita konsumsi setiap harinya. Karena kenapa?, Kerena Sayuran sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya yaitu sebagai sumber perkembangan pada tubuh. Nah sahabat funedo, seperti yang telah kita ketahui. Banyak sekali orang yang tidak suka makan sayur. Terutama anak-anak dan remaja.

Seharusnya ketika bayi sudah mencapai umur 6 bulan, harus diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Seperti sayuran, yang dihaluskan dan mungkin bisa dicampur dengan bubur susunya. Agar kelak si anak ketika sudah tumbuh berkembang sudah bisa menyukai dan memilih sayuran sendiri untuk dikonsumsi.

sayuran

Lalu apa pentingnya sih, mengkonsumsi sayuran? Hum, ini nih kakak akan menjawab pertanyaan kamu. Sayuran penting untuk:

1. Sumber perkembangan tubuh dan sel-sel dalam tubuh
Sayuran sangat banyak mengandung vitamin-vitamin, mineral dan serat yang tinggi yang bermanfaat untuk tubuh. Makanya, sangat penting sekali untuk kita mengkonsumsi sayuran. Karena Sayuran sebagai salah satu sumber perkembangan dan sel-sel yang ada didalam tubuh.

2. Terhindar dari Diabetes 2
Selain orang dewasa, anak-anak juga rentan dengan penyakit diabetes. Pada anak-anak dinamakan Diabetes 2. Dengan memberikan sayuran kepada anak-anak akan mengurangi proses terbentuknya penyakit. Karena mengkonsumsi sayuran dapat mengurangi kadar gula pada tubuh.

3. Terhindar dari kegemukan
Kebanyakan sayuran memiliki kadar lemak dan kalori rendah. Seperti bayam, terong, kubis dan lainnya,dapat membuat kita terhindar dari kegemukan, membuat tubuh tambah fit dan bebas dari penyakit. Tentunya gak mau donk badan kamu menjadi gemuk. Untuk itu, kamu harus mengkonsumsi sayur-sayuran.

4. Akan merasa kenyang dalam waktu yang lama.
Mengkonsumsi sayuran akan membuat kita terasa kenyang dalam waktu yang lama. Ketimbang kita makan nasi tetapi tidak makan sayuran, akan lebih cepat terasa lapar kembali. Sehingga makan terus menerus tanpa mengkonsumsi sayuran akan cepat membuat badan kamu menjadi gemuk.

5. Sumber serat tinggi
Selain itu, sayuran juga mengandung serat larut dan tidak larut. Serat ini dapat menyerap kelebihan air dalam usus besar dan mempertahankan kelembapan pada kotoran. Sehingga dapat membantu mengeluarkan feses dari tubuh. Jadi, dengan menkonsumsi sayuran yang mengandung serat tinggi dapat melindungi tubuh kita dari penyakit kanker usus besar dan sembelit.

[box type=”info” align=”alignleft” class=”” width=”700″]Nah sahabat gurumurid, sekarang sudah tahukan. Betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran. Karena sayuran itu mengandung manfaat yang sangat tinggi pada tubuh kita. Banyak mengandung vitamin-vitamain, mineral, serat, zat besi serta rendah lemak dan kalori dan lainnya. Dengan mengkonsumsi sayuran akan membuat tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker usus besar, sembelit dan kegemukan. Badan yang gemuk akan rentan dengan penyakit.[/box]

baca juga : cara jitu mengatasi migran yang berlebihan

Leave a Reply