Inilah Manfaat Pentingnya kejujuran dalam pertemanan

Jujur merupakan sifat terpuji. Jujur adalah berkata terus terang, tanpa menambah dan mengurangi perkataan tersebut. Kita selaku umat yang beragama harus selalu berkata jujur kepada siapapun itu. Baik kepada Orangtua, Saudara, Ibu Bapak Guru maupun Teman. Kejujuran setiap orang tidak bisa dinilai. Bahkan sekarang ini banyak sekali orang-orang yang tidak memiliki nilai kejujuran. Seperti maraknya dunia perselingkuhan dimana-mana baik sudah menikah maupun masih dalam status berpacaran.

Bersikap jujur, bukan hanya kepada orangtua atau keluarga tetapi juga dalam pertemanan. Dalam pertemanan harus  ada kejujuran. Karena menjalin sebuah pertemanan itu harus didasari dengan kejujuran, agar tidak ada percekcokan atau kesalahpahaman dikemudian hari. Menjalani pertemananpun akan lebih baik dan selalu bahagia karena tidak ada rasa atau perkataan yang ditutup-tutupi. Jika Anda merasa tidak enak hati, ada yang mengganjel dihati dan pikiran terhadap sikap perbuatan atau tindakan yang dilakukan temanmu, lebih baik katakanlah sengan sejujur-jujurnya. Tetapi menyampaikannya dengan secara halus dan lembut agar tidak menyinggung perasaannya.

baca juga : norma-norma dalam kehidupan

Kejujuran itu sangat penting dalam menjalani kehidupan apalagi dalam pertemanan. Jika anda selalu berkata jujur maka anda akan disayangi, dihormati dan dihargai oleh teman-temanmu karena karakter dan sikap kejujuran yang Anda punya. Serta akan mendapat kepercayaan dari teman-temanmu. Kejujuran juga dapat meningkatkan ikatan Anda dengan teman-teman Anda. Berkata jujur harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di manapun kita berada dan sama siapapun itu. Karena kejujuran itu sangatlah penting.

Dengan kejujuran dapat membuat hidup nyaman dan tentram, tidurpun akan nyenyak. Jika Anda telah terbiasa berkata jujur maka anda takut untuk berkata bohong. Sering sekali dalam pertemanan itu, Anda diminta teman untuk berkata bohong. Misalkan, bilangin sama ayah ku aku pergi denganmu. Tetapi temanmu itu sebenarnya pergi bersama orang lain. Sebaiknya jangan lakukan itu, nasihatilah temanmu untuk berkata jujur kepada orangtuanya. Karena berkata bohong itu akan membuatmu berdosa, hidupmu tidak akan nyaman dan jika telah berbohong akan berbohong terus untuk menutupi kebohongan diawal tadi. Anda juga selalu dihantui oleh rasa bersalah Anda karena kebohongan yang Anda lakukan.

baca juga : rezeki – rezeki dari allah swt

Dengan demikian, jujur adalah perkataan yang sebenarnya tidak ditambah dan tidak pula dikurangi. Sifat jujur merupakan sifat terpuji yang telah diajarkan Allah Swt kepada setiap umatnya, agar hidupnya selamat dunia akhirat. Berkata jujur bukan hanya tehadap keluarga tetapi juga dalam menjalin hubungan pertemanan. Dalam pertemanan harus didasari dengan kejujuran. Karena kalau tidak, akan merusak pertemanan yang telah kalian bina sendiri. Kejujuran dalam pertemanan sangat penting, karena kenapa? Karena kejujuran dapat membuat pertemanan nyaman dan tentram, akan menimbulkan rasa kasih sayang yang kuat, akan lebih meningkatkan lagi ikatan pertemanan serta akan dihargai dan dipercaya oleh teman. Jagalah pertemanan anda dengan selalu berkata jujur. Itulah artikel tentang Pentingnya kejujuran dalam pertemanan.

Leave a Reply