Pengertian Kabut Asap

kabut asap

Bicara tentang kabut asap, waduh….. parah banget dech. Sekarang ini sangat banyak sekali kabut asap terjadi di berbagai wilayah. Salah satunya di daerah Sumatera Selatan terdapat 350 titik api. Titik tersebut bukan kecil tetapi besar.

Kabut asap adalah kumpulan asap dan kabut yang bercampur menjadi satu kesatuan. Yang memiliki nilai kandungan halimun airnya lebih besar dari 0,1 Milimeter. Kabut bisa terbentuk ketika kelembaban relatif udara sudah mencapai 100%”
namun proses pembentukannya tergantung pada cukup tidaknya inti kondensasi yang tersedia. Kabut asap juga dapat disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan karena campur tangan manusia di dalamnya.

baca juga : pengertian kenampakan alam

Kabut asap sangat berbahaya bagi kita semua, karena dapat mengganggu sistem pernapasan dan jantung kronis. Selain itu kabut asap juga sangat berbahaya bagi lalu lintas. Baik lalu lintas darat, sungai maupun udara. Karena tebalnya kabut asap membuat jarak pandang hanya beberapa meter saja. Hal ini bisa saja dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Contohnya sudah banyak sekali kapal-kapal laut yang bertabrakan, bahkan pesawat membatalkan penerbangan dan membatalkan lepas landas.

Ditambah lagi dengan belum turunnya hujan yang membuat keadaan semakin parah. bahkan sekolah-sekolah pun banyak yang diliburkan. Sedangkan ketika tidak terlalu parah anak-anak mulai masuk sekolah kembali akan tetapi jam masuk anak sekolah di mundurkan satu jam. Ketika di pagi hari kabut asap menjadi sangat tebal sekali.
Banyak upaya yang dilakukan tapi, masih belum berhasil. Upaya yang dilakukan yaitu berupa menyiram dengan air dan membuat hujan buatan.

baca juga : sumber-sumber dari pencemaran udara

Jadi, pengertian kabut asap adalah Halimun butir-butir air nya lebih besar dari 0,1 milimeter. Kabut asap terbentuk karena kelembaban relatif udara mencapai 100 persen dan perkembangannya tergantung dengan inti kondensasi yang tersedia. Saat ini, kabut asap disebabkan oleh pembakaran hutan di berbagai wilayah. Seperti di sumatera selatan yang terdapat 350 titik api. Banyak sekali dampak yang merugikan dari kabut asap. Dampak pada lalu lintas udara, darat dan sungai. Ini juga dirasakan oleh anak-anak sekolah. Pelajaranpun terhenti akibat kabut asap. Jika ingin berpergian keluar rumah pakailah masker. Jagalah kesehatanmu.

baca juga : penyebab dari kabut asap

No Responses

Leave a Reply