Pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya

hewan

Banyak sekali jenis-jenis hewan yang ada didunia ini. Kita telah mengenal berbagai jenis hewan tersebut. Tahukah Anda, setiap jenis hewan berkelompok memiliki tempat hidup yang beraneka ragam. Adapun pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya, marilah kita pelajari bersama.

1. Hewan Darat
Hewan darat adalah hewan yang hidup dan bertempat tinggal didarat. Banyak sekali jenis hewan yang hidup didarat. Mereka hidup secara berkelompok. Adapun jenis hewan tersebut.

  • Hewan yang hidup dilingkungan kita
    Sedari kecil orangtua sudah mengenalkan jenis-jenis hewan yang ada disekitarmu. Seperti, kucing, angsa, kupu-kupu, anjing, ayam, ikan dan burung. Hewan-hewan tersebut ada yang dipelihara dan ada juga yang tidak dipelihara. Hewan yang dipelihara biasanya untuk suatu keperluan. Selain itu ada juga jenis hewan yang liar yang ada disekitar kita. Seperti tikus, kecoa, cicak, semut, nyamuk dan sebagainya.
  • Hewan yang hidup didalam hutan
    Hewan yang hidup di hutan biasanya kebanyakan hewan yang buas. Hutan adalah tempat tinggal berbagai jenis hewan. Didalam hutan terdapat berbagai jenis hewan yang buas dan lemah. Ada yang memangsa dan ada juga yang dimangsa. Hewan yang tinggal didalam hutan adalah harimau, singa, gajah, kijang dan macan serta ada juga serangga dan burung.
  • Hewan yang hidup didalam tanah
    Selain di permukaan tanah, ada pula hewan yang hidup didalam tanah. Mereka hanya sesekali saja keluar tanah untuk mencari makan. Adapun jenis hewan yang hidup didalam tanah yaitu cacing, rayap, semut, dan berbagai jenis serangga lainnya.

baca juga : manfaat hutan dan fungsinya

2. Hewan Air
Hewan yang hidup didalam air umumnya hewan yang sering kita makan. Seperti ikan, belut, udang. Hewan Air dikelompokkan dari hewan air tawar, hewan air laut dan hewan air payau.

  • Hewan Air tawar
    Air tawar adalah jenis air yang terletak diwilayah darat. Seperti sungai, danau dan kolam. Hewan yang tinggal di air tawar bisa dijadikan sebagai hiasan dan untuk dimakan. Misalnya ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan mujaer dan ikan gabus.
  • Hewan Air laut
    Hewan yang hidup dilaut lebih bayak dari pada hewan yag tinggal didarat. Hewan laut juga banyak dikonsumsi manusia seperti bawal, udang, kerang, tuna. Setiap jenis hewan memiliki ukuran yang bermacam-macam. Ada hewan yang sangat kecil, adapula hewan yang sangat besar seperti paus. Ukuran paus 25 kali dari ukuran gajah. Selain itu ada juga ikan hiu, hewan pemakan daging yang memiliki penciuman sangat tajam.
  • Hewan Air Payau
    Air payau adalah perairan campuran antara air tawar dan air laut. Manusia biasanya membuat tambak-tambak didekat pantai untuk memelihara jenis hewan yang hidup di air payau. Jenis hewan yang hidup di air payau adalah kerang, kepiting bakau, udang dan bandeng. Semua jenis hewan tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia.

3. Hewan Air dan Darat
Hewan air dan darat maksudnya hewan yang hidup didua alam yaitu dapat hidup di air dan di darat. Jenis hewan ini adalah kura-kura, buaya, katak dan anjing laut. Hewan-hewan tersebut kadang masuk ke dalam air kadang juga naik ke daratan.

baca juga :  ciri-ciri makhluk hidup

Jadi dapat disimpulkan bahwa hewan adalah jenis makhluk hidup yang hidupnya secara berkelompok. Berdasarkan tempat hidupnya hewan dikelompokkan menjadi hewan darat, hewan air dan hewan air dan darat. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang ada didunia ini. Ada yang tinggal di darat, ada yang tinggal didalam hutan dan adapula yang tinggal di air. Hewan yang tinggal di darat seperti kucing, burung, ayam, bebek. Ini merupakan hewan yang tidak buas yang bisa dipelihara. Selain itu ada juga hewan yang buas yang tinggal didarat umumnya didalam hutan seperti harimau, singa, gajah. Kehidupan hewan didalam hutan akan terancam jika manusia mengganggunya dengan cara pembakaran hutan untuk pembukaan lahan. Hal ini dapat menyebabkan hewan menjadi langka. Jadi jangan sampai Anda termasuk orang yang mengganggu kehidupan hewan didalam hutan.

2 Comments

Leave a Reply