Nilai-nilai yang tekandung dalam pancasila

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pancasila memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan bangsa. Dengan adanya peran penting tersebut diharapkan dapat membuat kehidupan masyarakat merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan mamkmur. Sebagimana yang telah tertera dalam Pembukaan UUD 1945.

Pancasila merupakan dasar dari negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Dikatakan sebagai dasar pandangan hidup bangsa karena mempunyai nilai-nilai tersendiri dalam setiap poin-poinnya. Adapun, Nilai-nilai yang tekandung dalam pancasila sebagai dasar pandangan hidup bangsa yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Poin pancasila yang pertama ini mengandung artian bahwa keberadaan Tuhan itu nyata. DIA lah yang menciptakan manusia beserta isi alam semesta. Manusia harus selalu beriman kepada-NYA dengan cara berkewajiban untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama, memiliki derajat yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara. Dengan adanya poin pancasila ini, manusia dalam berbangsa dan bernegara dapat mengmbangkan sikap saling mencintai tidak membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kedudukan sosial dan sebagainya.

3. Persatuan Indonesia
Persatuan Indonesia ini merupakan pandangan hidup bangsa dalam mewujudkan dan menciptkan dan menyatukan paham seseorang, golongan, suku bangsa dan selalu mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sehingga bangsa indonesia tidak terpecah belah oleh apapun dan selalu memelihara ketertiban dunia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sebagai warga negara masyarakat, setiap manusia Indonesia mengutamakan musyawarah dalam mengambil suatu keputusan untuk kepentingan bersama serta menghormati, menjunjung tinggi keputusan yang diperoleh dari hasil musyawarah. Musyawarah bertujuan untuk memupuk rasa semangat kekeluargaan dan rasa tanggung jawab dalam menerima dan melaksanakan keputusan musyawarah.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Merupakan pamdangan hidup bangsa untuk selalu mewujudkan hidup masyarakat yang adil dan makmur, memberikan pertolongan kepada oranh yang sedang membutuhkan serta mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong royongan.

Dengan demikian, seluruh poin pancasila tersebut tidak bisa dilakukan secara terpisah. Karena Pancasila merupakan satu kesatuan dalam pandangan hidup bangsa. Setiap poinnya memiliki arti dan menjadi dasar pandangan bagi bangsa. Kita sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya menunjukkan sikap menghargai nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Dengan mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai pancasila hidup dalam bermasyarakat dan bernegara tidak akan runtuh dan tidak akan terpecah belah. janga lupa baca juga landasan yang terdapat dalam pancasiladan sejarah dari garuda pancasila

Leave a Reply