Menjaga kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri adalah menjaga agar kita tatap bersih terutama pada tubuh. Sedangkan kebersihan linkungan adalah menjaga agar lingkungan seperti rumah, sekolah, tempat ibadah tetap bersih.

mandi1

Kebersihan itu sebagian dari iman. Maka dari itu, kamu harus tetap menjaga kebersihan dirimu dan lingkungan disekitarmu. Karena kenapa? Jika diri kamu dan lingkungan disekitarmu bersih, tubuhmu akan selalu segar dan sehat serta akan terhindar dari penyakit.

1. Kebersihan Badan
Kebersihan badan adalah hal utama yang harus diperhatikan, karena dapat mencerminkan siapa dirimu sebenarnya. Tubuh dikatakan bersih apabila rambut disisir dengan rapi, gigi bersih, kuku jari tangan dan kaki terpotong rapi dan tidak berdaki, badan tidak berdaki dan tidak berbau keringat.

2. Kebersihan Pakaian
Selain harus memperhatikan kebersihan tubuhmu, kamu juga harus bisa menjaga kebersihan pakaian yang kamu kenakan sehari-hari. Semua yang kamu pakai harus bersih baik dari topi, jilbab atau kopiah, baju celana dalam, baju dan celana maupun kaus kaki dan sepatu yang kamu pakai tidak kumal dan bau keringat. Agar bakteri atau kuman tidak lengket dan bersarang ditubuhmu. Memakai pakaian yang bersih akan membuat dirimu percaya diri dan nyaman dalam beraktivitas.

3. Kebersihan tempat tinggal
Tempat tinggal adalah tempat yang selalu ditempati setiap harinya. Tempat yang selalu ditempati harus dalam keadaan bersih tidak kotor. Kamu harus selalu menjaga kebersihan kamarmu terutama, sehabis bangun tidur rapikan dan bersihkan tempat tidurmu. Kamar belajar harus dirapikan kembali ketika usai belajar. Ruang tamu baik kursi, meja, jendela dan lantai harus dibersihkan dengan kemoceng dan sapu serta mengepel lantai setiap harinya. Ruang makan harus tetap dirapikan dan diberaihkan kembali. Dapur, sehabis masak sebaiknya dibersihkan dan peralatan yang dipakai harus dicuci dan diletakkan kembali pada tempatnya. Pekarangan rumah, harus selalu disapu bukan hanya didalam rumah tetapi di halaman juga harus selalu dijaga dan dirawat kebersihannya.

4. Kebersihan tempat ibadah
Tempat ibadah adalah tempat yang digunakan untuk beribadah. Baik dirumah maupun dimesjid ataupun mushalla harus dijaga kebersihannya. Tidak boleh meludah dan membuang sampah di tempat beribadah.

Untuk itu, kita sebagai makhluk-Nya harus senantiasa selalu menjaga dan merawat apa yang telah diberikan sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap-Nya. Manjaga kebersihan itu harus dilakukan karena dampak dari kebersihan tersebut akan terasa pada diri kita sendiri. Dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, akan membuat kita nyaman dan percaya diri dalam beraktivitas, udara yang kita hirup akan terasa segar tanpa debu, dan paling penting kebersihan akan menjauhkan kita dari penyakit.

baca juga pengertian dan manfaat kerja bakti disekolah

One Response

Leave a Reply