Mengetahui Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen merupakan cerita pendek atau rekaan yang memusatkan diri pada satu tokoh dan memberikan kesan tunggal terhadap cerita tersebut. Dikatakan cerpen jika panjang ceritanya tidak lebih dari 10.000 kata, hanya memiliki satu konflik dan diakhirnya diselesaikan dengan sebuah penyelesain terhadap konflik tersebut. Cerpen ini biasanya diangkat dari kejadian-kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti cerita dalam permasalahan rumah tangga, masalah perekonomian dan sebagainya.

Membuat ataupun membaca sebuah cerpen haruslah terlebih dahulu mengetahui dan memahami unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah cerita. Unsur yang terdapat didalam sebuah cerpen adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam dan mewujudkan struktur suatu karya sastra.

Adapun unsur intrinsik cerpen , yaitu :

1. Tema
Tema adalah sebuah ide yang akan dikembangkan dalam sebuah karangan cerita.

2. Alur
Alur adalah suatu sebab akibat terjadinya suatu cerita.

3. Tokoh
Tokoh merupakan orang-orang atau pelaku dalan cerita. Sifat dan perwatakan tokoh dapat dilihat dari  penjelasan langsung oleh pengarang, dari teknik drama baik dalam berprilaku, bahasa, lingkungan kehidupan, jalan pikiran dan penggambaran dari tokoh lain.

4. Setting atau latar
Setting atau latar merupakan waktu, tempat, leadaan yang digunakan oleh pengarang dalam cerita.

5. Sudut Pandang
Sudut pandang adalah dimana suatu cerita didapatkan oleh dipengarang. Misalnya, apabila pengarang menyebuykan nama Aku dalam cerita berarti menggunakan sudut pandang pertama, bila seorang pengarang menyebutkan Dia berarti menggunakan sudut pandang kedua.

Dengan demikian, berbagai cerita yang terjadi disekeliling atau dilingkungan sekitarmu merupakan sebuah cerpen atau cerita pendek. Cerita pendek memiliki ciri-ciri yaitu ceritanya hanya memiliki satu permasalahan, kata-katanya kurang dari 10.000 kata dan berakhir dengan sebuah penyelesaian permasalahan. Pernahkah kamu membuat atau mendengar sebuah cerpen? Kamu harus bisa memahami sebuah cerpen yang kamu buat atau kamu dengar. Agar kamu bisa membaca dan memdengar sebuah cerpen. Kamu harus terlebih dahulu memahami unsur intrinsik dalam cerpen. Unsur intrinsik dalam cerpen berupa tema atau judul pembahasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah cerpen, alur cerita, tokoh, setting atau latar dan sudut pandang. Jika kamu telah memahami unsur-unsur intrinsik dalam cerpen. Kamu bisa membaca cerpen dengan baik dan benar.

baca juga pengertian pinjam meminjam

Leave a Reply