Mengenali kecerdasan pada anak

Semua manusia dilahirkan dengan keadaan, sifat kebaikan dan sifat keburukan yang berbeda-beda.  Sama halnya dengan kecerdasan. Kecerdasan yang dimiliki setiap anak juga berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dalam bidangnya masing-masing.

Seorang tokoh pendidikan, Profesor Howard Gardner mangatakan bahwa “Hal terpenting bagi kita adalah menyadari dan mengembangkan semua ragam kecerdasan manusia dan kombinasi-kombinasinya. Apabila menyadari hal ini, setidaknya kita memiliki peluang untuk menghadapi berbagai masalah didunia ini dengan baik”.

Mengenali kecerdasan pada anak

anak

Dari pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa kita sebagai orang tua atau guru harus bisa mengetahui tingkat kecerdasan anak, sehingga dari kecerdasan tersebut dapat dilihat mana yang paling menonjol diantaranya. Kemudian kecerdasan tersebut harus dikembangkan dan terus dikembangkan sebaik mungkin. Adapun berbagai bentuk kecerdasan yang harus dikenali pada diri anak, yaitu:

1. Kecerdasan linguistik
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan berbicara atau menulis dengan baik. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis. Seperti keterampilan dalam berbahasa atau tata makna bahasa.

2. Kecerdasan logis-matematis
Kemampuan untuk menalar, menghitung dan menangani pemikiran yang logis disebut kecerdasan logis-matematis. Orang yang mempunyai kecerdasan ini, mempunyai kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar. Misalnya sebagai seorang ilmuan, pemprogram komputer, atau ahli logika.

bca juga : cara membantu perkembangan pada anak

3. Kecerdasan Visual-spasalis
Kecerdasan visual-spasalis adalah kemampuam untuk melukis, memotret, atau mematung. Kita bisa mengenal figur kecerdasan ini dari berbagai karya besar yang dibuat oleh para seniman.

4. Kecerdasan kinestetis-jasmani
Kinestetis jasmani maksudnya kemampuan seseorang dalam menggunakan anggota tubuh dalam mengekspresikan ide dan perasaan serta keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu.

5. Kecerdasan musikal
Kemampuan seseorang dalam mengubah lagu, bernyanyi, dan memainkan alat musik adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap irama, pola, titinada, atau melodi, warna nada atau warna suara lagu.

6. Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan interpersonal sering disebut dengan kecerdasan sosial. Karena kemampuannya untuk berhubungan dengan orang lain. Orang dengan kecerdasan ini dapat mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motibasi, wajah, suara, gerak maupun isyarat.

7. Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan ini mampu mengenali dan mengelola perasaan dan kesadaran diri sendiri. Dengan mampunya mengenali diri sendiri dapat bertindak berdasarkan pemahaman yang dimiliki serta dapat menghargai diri.

8. Kecerdasan naturalis
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan dan keahlian untuk mengenali dan mengategorikan spesies, flora, dan fauna disekitar. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap fenomena alam.

baca juga : hal-hal yang perlu diperhatikan pada anak

Dengan mengetahui kecerdasan yang dimiliki anak kita dapat mambantu, mengarahkan dan memahami bagaimana cara memperlakukan anak dengan sebenarnya. Kita tidak boleh memperlakukan anak secara sama atau seragam. Karena setiap anak memiliki berbagai potensi yang berbeda dan kita harus mampu mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak tersebut.

One Response

Leave a Reply