Mengenali Jenis dan Struktur atom

atom

Sifat sifat dari suatu bahan diakibatkan oleh perbedaan bentuk perbedaan ukuran dan susunan partikel-partikelnya. Partikel- partikel yang menyusun materi disebut dengan atom yang artinya tidak dapat dibagi. Sifat-sifat pada atom tersebut merupakan fakta fakta penemuan oleh para ahli. Kemudian, apakah model atom dapat berubah di kemudian hari? Tentu saja, karena ilmu pengetahuan di dunia ini tidak ada kebenaran secara mutlak dan apabila di suatu hari percobaan tersebut tidak terbukti maka model atom akan berubah.

A. Lambang atom
Unsur atom terdapat kurang lebih 109. Berdasarkan banyaknya unsur atom tersebut, jadi tiap-tiap unsur diberi lambang. Lambang atom diciptakan oleh J.J Berzellius seorang ahli kimia dari Swedia. Penulisan lambang atom di depan menggunakan huruf kapital, sedangkan yang di belakang menggunakan huruf latin. Untuk unsur-unsur yang nomor atomnya lebih dari 100, ditetapkan aturan penamaan sebagai berikut :
1. Nama atom unsur harus disingkat dan ada hubungannya dengan nomor atom unsur yang bersangkutan.
2. Nama atom unsur diberi akhiran ium.
3. Lambang atom unsur terdiri dariĀ  huruf.
4. Lambang atom diturunkan langsung dari nomor atom dan jelas hubungannya dengan nama atom unsur tersebut.

B. Partikel penyusun atom
1. Elektron
Hasil percobaan yang dilakukan oleh Michael Faraday pada tahun 1838, menggunakan alat lempeng logam atau elektroda yang ditempatkan di ujung tabung gelas mempunyai sebuah sisi lengan terbuka. Salah satu elektroda disebut katoda. Katoda dihubungkan dengan sumber listrik negatif dengan tegangan listrik tinggi. Ujung yang lain disebut anoda yang dihubungkan dengan kutub positif. Suatu tabung berisi udara tidak terjadi arus listrik, karena udara bukan merupakan konduktor yang baik. Adapun sifat-sifat sinar katoda yaitu:
1. Sinar katoda dipancarkan oleh katoda dalam sebuah tabung hampa bila dilewati arus listrik.
2. Sinar katoda berjalan dengan garis lurus.
3. Sinar tersebut bila membentur gelas atau benda tertentu lainnya menyebabkan fluororesensi atau mengeluarkan cahaya dari fluoresensi maka dapat terlihat sinar, sedangkan sinar katoda tidak tampak. 4. Sinar katoda dibelokkan oleh medan listrik dan magnet, sehubungan hal ini maka diperkirakan sinar katoda bermuatan negatif.
5. Sifat-sifat sinar katoda tidak tergantung dari bahan elektroda nya

2. Proton
Goldstein melakukan percobaan pada tahun 1886, dari percobaannya ia menemukan jenis baru yang disebut dengan sinar kadal atau sinar positif. dengan sifat-sifat sebagai berikut : 1. Partikelnya dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet dan arahnya di belokan ke arah kutub negatif.
2. Perbandingan muatan dan massa sinar positif lebih kecil daripada elektron.
3. Perbandingan sinar positif tergantung pada sifat gas dalam tabung.

3. Neutron
Rutherford juga melakukan percobaan dengan hembusan sinar alfa yang dikenal dengan konsep inti atom, mengembangkan satuan dasar bermuatan positif yang disebut dengan Proton. Konsep inti atom mengandung Proton yang sama dengan jumlah nomor atomnya atau Netral. Sejumlah partikel Netral ini disebut dengan neutron, untuk menyesuaikan dengan massa atom. Adapun sifat-sifat Neutron yaitu :
1. Merupakan radiasi partikel yang disebut dengan neutron.
2. Dalam medan magnet atau listrik tidak di belokan ke kutub positif atau negatif berarti Sinar neutron tidak bermuatan.
3. Massa Sinar neutron hampir sama dengan sinar anode atau Proton.

Jadi, atom adalah sifat sifat tertentu dari suatu bahan yang berbeda ukuran bentuk dan susunan yang tidak dapat dipotong atau dibagi. Jumlah unsur atom ada kurang lebih 109 untuk mudah mengingatnya maka diberi lambang lambang atom yang diciptakan oleh J.J Berzellius. Untuk unsur atom yang nomor atomnya lebih dari 100 penamaannya harus disingkat, diberi akhiran ium dan terdiri dari 3 huruf. Partikel penyusun atom ada tiga yang pertama, Elektron yaitu sinar katoda yang partikel penyusun atomnya bermuatan negatif. Kedua, proton yaitu sinar katoda yang partikel penyusun atom yang bermuatan positif. Ketiga, Neutron adalah sejumlah Proton yang sama dengan nomor atomnya dan jumlah partikel Netral.

Leave a Reply