Mengenal Sistem Jaringan pada tumbuhan

Bicara tentang jaringan tentunya sangat berhubungan dengan tumbuhan. Bagian-bagian pada tumbuhan terdiri dari tiga bagian umum yaitu akar, batang dan daun. Ketiga bagian tersebut merupakan organ pada tumbuhan.Dalam setiap organ tumbuhan tersebut terdapat jaringan-jaringan dan sel-sel.

Sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama disebut dengan jaringan. Sel-sel yang terkandung didalam tumbuhan selalu aktif dalam proses fotosintesis, berkembang biak, mengangkut zat-zat makanan dari dalam tanah keseluruh bagian tumbuhan. Jaringan berfungsi sesuai letak dan struktur serta zat yang dikandungnya.

jaringan pada tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan terdapat 5 macam jaringan, yaitu :

1. Jaringan Meristem
Jaringan meristem adalah jaringan yang berperan penting dalam pertumbuhan sebuah tanaman. Fungsinya yaitu untuk membelah jaringan dan menghasilkan berbagai macam jaringan lain. Jaringan meristem selalu muda karena sel-selnya selalu membelah. Jaringan meristem ini terbagi menjadi dua macam yaitu pertama, meristem primer adalah terdapat pada ujung akar dan ujung batang sehingga dapat menyebabkan terjadinya pertambahan tinggi pada tumbuhan. Kedua, meristem sekunder adalah pertambahan tebal pada batang tumbuhan karena mengandung kambium.

2. Jaringan Epidermis
Jaringan epidermis adalah jaringan terluar pada tubuh tumbuhan yang berfungsi sebagai pelindung tumbuhan serta melapisi akar, batang dan daun. Seperti jaringan epidermis pada ujung akar, yang membentuk rambut-rambut akar untuk memperluas penyerapan hara dan air dari dalam tanah.

3. Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim adalah jaringan yang mengisi sebagian besar tubuh tumbuhan. Jaringan parenkim terbagi menjadi 4 yaitu:
a. Parenkim Asimilasi, jaringan ini mengandung klorofil (jaringan hijau yang memberikan warna pada tumbuhan) dan berfungsi untuk fotosintesis.
b. Parenkim Penimbun, yaitu perenkim yang dapat menyimpan cadangan makanan. Misalnya pada daging buah pisang dan umbi.
c. Parenkim air, yaitu parenkim yang berfungsi untuk menyimpan air. Seperti tumbuhan kaktus.
d. Parenkim udara, jaringan ini memiliki ruang antarsel yang besar sehingga dapat menyimpan udara yang terdapat pada batang dan daun tumbuhan yang hidup di air.
baca juga manfaat tumbuhan bagi manusia

4. Jaringan Mekanik
Jaringan mekanik adalah jaringan yang mengalami penebalan pada dinding sel tumbuhan sehingga menjadi kuat. Fungsinya untuk memperkokoh dan memperkuat bagian-bagian tumbuhan. Jaringan mekanik terbagi dua yaitu kolenkim adalah sel-sel yang mengalami penebalan dari bahan selulosa pada sudut selnya yang berguna untuk melindungi berkas pengangkut. Kedua, Sklerenkim adalah sel-sel yang mengalami penebalan dari senyawa lignin pada seluruh bagian dinding sel sehingga selnya menjafi kuat dan keras.

5. Jaringan Pengangkut
Jaringan pengangkut yaitu berfungsi untuk mengangkut zat-zat yang ada didalam tumbuhan. Jaringan pengangkut terbagi menjadi dua macam yaitu:
a. Pembuluh kayu (xilem) untuk mengangkut air dan hara mineral dari akar menuju daun.
b. Pembuluh tipis (floem) untuk mengangkut sari-sari makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Jadi, tumbuhan memiliki 3 bagian terpenting yaitu akar, batang dan daun. Dalam setiap bagian tersebut terdapat jaringan dan sel-sel.sekumpulan jaringan dan sel tersebut disebut dengan jaringan. Jaringan terdapat berbagai macam seperti jaringan meristem yang berfungsi untuk membentuk jaringan-jaringan baru. Jaringan epidermis yang berfungsi untuk melindungi bagian luar tubuh tumbuhan. Jaringan parenkim yang berfungsi untuk mengisi bagian tumbuhan untuk memberikan warna pada tumbuhan, untuk melakukan fotosintesis (proses daun yang memasak makanan dengan bantuan sinar matahari), untuk menyimpan cadangan makanan, untuk menyimpan aor dan udara. Jaringan mekanik yang berfungsi untuk penebalan dinding sel agar tumbuhan menjadi lebih kuat. Dan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut zah hara mineral serta sari-sari makanan dari akar menuju keseluruh bagian tumbuhan. janga lupa simak manfaat air bagi tumbuhan

Leave a Reply