Mengatasi Kebiasaan Menyontek

menyontek

Mengatasi Kebiasaan Menyontek

Nah hayoo siapa saja yang hobby menyontek di sekolah? nah adik-adik yang ganteng-ganteng dan baik hati menyontek itu merupakan prilaku negative loh itu sama saja kita mencuri informasi dan berbohong karena kita tidak jujur dengan hasil yang kita dapatkan. sebaiknya segera di tinggalkan kerena ini akan membuat rugi diri kita sendiri.

Yang membuat orang terus menyontek itu kerena banyak hal, berikut beberapa faktor yang membuat siswa selalu menyontek saat ujian sekolah dan cara mengatasinya,

1.Kurang Belajar,

Nah adik-adik kalau tidak pernah belajar maka kemungkinan besar kebiasaan menyontek akan muncul dengan sendirinya, kenapa demikian karena secara umum kita tidak bisa mengerjakan apa-apa saat ulangan sekolah. Karena kita terdesak dan semua soal harus di jawab. Maka, kita akan mengeluarkan Jurus Lika-Liki (Lihat Kanan, Lihat Kiri). yang sangat merugikan teman kita dan merugikan diri kita sendiri kerena telah berbohong untuk mendapatkan nilai yang baik.

Mengatasinya : mulailah dari sekarang, tinggalkan kebiasaan yang berlebihan seperti bermain terlalu lama, pacaran, dan tidur-tiduran dirumah yang membuat waktu kita terbuang banyak. ambillah buku baca kembali dan pahami sambil menghafal apa yang sudah kita pelajarin di sekolah tadi.

baca juga : memanfaatkan teknologi dalam belajar

2.Kurang Percaya Diri,

kurang percaya diri? belajar sudah Ok siph, malah sudah belajar bermalaman sehingga tidak tidur hahaha, tapi kok kenapa masih nyontek? itu di karenakan tidak percaya diri. itulah bahayanya tidak percaya diri. Membuat kita tidak yakin dengan apa yang kita pelajari dan merasa ragu takut akan kesalahan.

Mengatasinya : Latihlah diri anda dengan menjawab soal-soal yang ada di buku, sudah banyak buku-buku yang mengeluarkan soal-soal beserta kunci jawaban. yang bertujuan untuk melatih kita menghadapi berbagai macam permasalahan soal yang beragam dan cara mengatasinya.

3.PENTING!!! Kurang Pemecahan Masalah

Nah Belajar sudah kak, Percaya diri sudah sangat yakin, tapi kok tetap aja menyontek? , ini sering terjadi karena kurangnya siswa dalam mengembangkan dan memahami apa yang di pelajarinya, yang sering terjadi adalah ketika seorang guru memberi tugas latihan soalnya akan lebih mudah. Tetapi, pada saat ulangan/ujian soalpun terlihat extrim sekali. kenapa demikian karena saya sendiri sebagai seorang guru akan melakukan demikian yang bertujuan untuk mengetes sebatas mana daya berfikir, dan kecepatan pemecahan masalah siswa dalam mengahadapi situasi yang sangat berbeda dari biasanya namun tujuan tetap sama. jadi waspadalah dengan soal-soalnya yang menjebak pikiran adik-adik padahal pada intinya semua soal itu bertujuan sama. hal ini sering terjadi pada pelajaran yang menggunakan rumus.

Mengatasinya : Latihanlah dengan soal-soal yang lebih sulit lagi, biasakan konsentrasi full saat membaca soalnya. Ikuti maksud dari soal-soal tersebut secara cermat jangan asal “oh begini oh begitu” padahal maksudnya berbeda sehingga kita terjebak dengan soal-soal tersebut.

Nah itulah yang membuat orang selalu menyontek, dan bagaimana cara mengatasinya sudah kakak jelaskan juga di atas. mulailah dari sekarang untuk mandiri, dan terus belajar agar kerpercayaan akan diri kita akan semakin tumbuh.

baca juga : trick agar tidak mengantuk di sekolah

2 Comments

Leave a Reply