Mengatahui cara Metamorfosis Hewan Sempurna

metamorfosis-pada-hewan

Metamorfosis Hewan

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara metamorfosis pada hewan. Beberapa hewan pasti mengalami tahapan khusus dalam siklus hidupnya yaitu bermetamorfosis. Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk pada tubuh hewan selama proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan ini terjadi higga umur tertentu dan berlangsung disemua bagian tubuhnya.

Pertumbuhan dan perkembangan antar sel kelamin jantan dan kelamin betina disebut dengan fertilasi. Proses fertilasi dibedakan menjadi dua macam yaitu fertilasi eksternal dan fertilasi internal. Fertilasi eksternal yaitu pembuahan yang terjadi diluar tubuh induknya. Sedangkan fertilasi internal terjadi pembuahan didalam tubuh induknya.

baca juga : pengelompokan hewan berdasarkan perkembangbiakanya

Metamorfosis yang terjadi selama proses pertumbuhan dan perkembangan pada hewan ini, dibagi menjadi dua tipe yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

1. Metamorfosis Sempurna (Holometabolisme)
Metamorfosis disebut sempurna apabila hewan mengalami perubahan bentuk secara nyata dengan tahapan-tahapan yang jelas. Contoh hewan yang bermetamorfosis secara sempurna adalah kupu-kupu. Pertama-tama kupu-kupu akan bertelur. Telur kemudian akan menetas menjadi ulat. Ulat kemudian akan menetas menjadi kepompong (pupa) dan akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa.

2. Metamorfosis tidak sempurna (Hemimetabolisme)
Metamorfosis disebut tidak sempurna apabila perubahan tubuh yang terjadi tidak mencolok. Contohnya metamorfosis pada kecoa, jangkrik dan belalang. Pertama-tama kecoa betina akan bertelur. Telur kemudian menetas menjadi nimfa yaitu hewan muda yang bentuknya serupa dengan hewan dewasa hanya belum memiliki sayap. Nimfa kemudian akan tumbuh dan berkembang menjadi kecoa dewasa.

baca juga : faktor yang mempengaruhi foto sintesis pada tumbuhan

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, semua makhluk hidup itu memiliki ciri yang sama yaitu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Seperti halnya hewan akan tumbuh mulai dari telur/bayi hewan, menetas kemudian hingga menjadi hewan dewasa. Selama masa pertumbuhan tersebut, hewan akan mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan bentuk pada hewan tersebut. Perubahan yang terjadi pada hewan disebut dengan metamorfosis. Metamorfosis dibagi menjadi dua macam yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Semoga bermanfaat ya!! 🙂

Leave a Reply