Posisi Pas Melaksanakan Aturan Dalam Berbagai Lingkungan

Seperti kita ketahui, aturan adalah suatu kegiatan yang harus kita lakukan dan taati, agar tercipta hidup yang disiplin. Untuk itu kita harus selalu melaksanakan aturan-aturan yang ada yang telah dibuat. Adapun aturan aturan tersebut yaitu :

1. Aturan dalam lingkungan keluarga
Dalam keluarga pasti memiliki aturan yang harus dilaksanakan atau dikerjakan. Meskipun aturan tersebut tidak tertulis, tetapi wajib kita lakukan. Ada juga aturan tertulis, tetapi tidak terlalu banyak menggunakan aturan tertulis ini. Seperti mencatat hal-hal yang harus dilakukan. Aturan ini dalam keluarga dibuat agar tercipta hidup yang disiplin dan menghindari dari sifat iri dengki terhadap anggota keluarga lainnya. Aturan dalam keluarga biasanya berupa pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan menurut kesepakatan bersama. Seperti:
a. Membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, jika anak perempuannya lebih dari satu maka diberikan tugas masing-masing agar tidak tercipta sifat iri dengki antar sianak.
b. Mengucapkan salam ketika hendak pergi dan pulang ke rumah.
c. Menjalankan ibadah bersama-sama
d. Selama belajar tidak boleh menyalakan TV.

2. Aturan dalam lingkungan sekolah
Peraturan dalam lingkungan sekolah biasanya tertulis yang dibuat oleh sekolah-sekolah. Peraturan tertulis ini, dibuat agar suasana belajar menjadi tertib dan nyaman. Tidak hanya peraturan untuk siswa-siswa saja tetapi juga berlaku untuk setiap guru yang ada. Jika siswa atau guru tersebut melanggar aturan, maka akan diberikan hukuman. Terutama bagi siswa-siswa yang melanggar aturan sekolah. Seperti melakukan kekerasan dan membawa senjata tajam, bisa saja di keluarkan dari sekolah. Adapun aturan-aturan yang dibuat dalam lingkungan sekolah yaitu a. Siswa hadir setiap hari senin sampai sabtu.
b. Selambat-lambatnya datang 5 menit sebelum belajar dimulai.
c. Melaksanakan tugas piket sesuai jadwal yang telah ditetapkan guru.
d. Jika ingin ke WC meminta izin terlebih dahulu kepada guru.
e. Tidak boleh mencoret-coret dinding.
f. Dilarang memakai perhiasan yang berlebihan.

3. Aturan dalam lingkungan masyarakat
Selain aturan-aturan dalam lingkungan keluarga dan sekolah, ada juga aturan dalam masyarakat. Peraturan dalam masyarakat bertujuan untuk mewujudkan hidup yang teratur, menciptakan hidup bermasyarakat yang penuh kekeluargaan. Setiap masyarakat memiliki aturannya yang berbeda-beda. Aturan ini dibuat untuk kepentingan bersama, bukan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Contoh aturan dalam lingkungan masyarakat yaitu :
a. Setiap warga yang sudah berusia 17 tahun harus sudah wajib memiliki KTP.
b. Berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.
c. Hidup rukun dalam bertetangga.
d. Tidak boleh berbuat onar dan
e. Harus wajib melapor kepada ketua RT, jika ada tamu yang menginap lebih dari 24 jam.

Dari beberapa aturan yang ada dalam berbagai lingkungan di atas dapat disimpulkan bahwa, aturan-aturan tidak hanya di sekolah saja tetapi juga dalam lingkungan keluarga dan bermasyarakat. Semua aturan yang telah dibuat berdasarkan kesepakatan bersama tersebut, harus dilaksanakan dan dikerjakan sesuai dengan aturan yang ada. Jika tidak dilaksanakan, maka kita akan mendapatkan hukuman. Tujuan dari dibuatnya aturan dalam berbagai lingkungan ini, agar tercipta hidup yang disiplin, tertib dan harmonis jauh dari kerusuhan. Peraturan dibuat ada yang tertulis, ada juga yang tidak tertulis. Peraturan yang tertulis bertujuan agar kita lebih mudah untuk mengingat, untuk melaksanakan dan mentaati peraturan yang ada. Jadi untuk itu kita harus selalu melaksanakan aturan dan tugas yang ada, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat agar selalu tercipta hidup yang disiplin dan rukun.

Semoga kita menjadi disiplin denganĀ Melaksanakan Aturan Dalam Berbagai Lingkungan ini.

Leave a Reply