Pekembangan Mata pencaharian Manusia

uang

Pada masa prasejarah, cara melakukan mata pencaharian sangat terbatas seperti, berburu dan meramu makanan. Sebagai pendukung dari kegiatan mereka dipengaruhi oleh iklim kesuburan tanah danĀ  keadaan binatang buruan. Mata pencaharian merupakan suatu cara yang dilakukan oleh sejumlah orang sebagai pemenuhan kehidupan sehari hari.

Dengan adanya berbagai kemajuan akhirnya, mereka bercocok tanam secara sederhana. Bercocok tanam ini sangat mempengaruhi budaya dan peradaban masa yang akan datang. Mata pencaharian memanfaatkan lahan dan sumber daya alam seperti, perkebunan, pertanian dan peternakan. Usaha-usaha yang dilakukan manusia yaitu dangan cara mengumpulkan hasil bumi dan berburu binatang. Hasil panen dari perkebunan dan pertanian tersebut, diolah dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan lumpur batu yang beraneka bentuk dan ukurannya. Lumpug ini memiliki lubang. Lubangnya terdiri dari 1-4 lubang.

Dalam kehidupan selanjutnya ini digunakan untuk menumbuk biji-bijian. Selain itu ada juga lesung batu yang terbuat dari batu berbentuk panjang dan bagian dalamnya lebih rendah yang sering disebut batu gilingan atau ulekan.

Jadi mata pencaharian manusia pada masa sekarang sangat berbeda dengan masa lampau. Karena pada masa lampau, secara mencari makanan pokok itu sangat terbatas seperti mencari berburu binatang dan meramu makanan. Sedangkan pada zaman sekarang, sudah kita ketahui banyak sekali upaya dan cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Mulai dari berkebun, bertani, menangkap ikan, bahkan bekerja di berbagai perusahaan-perusahaan yang ada. Serta cara mengolah makanannya pun sudah modern dengan menggunakan berbagai alat modern yang canggih.

Leave a Reply