Manfaat Menghargai Pendapat Orang lain

Pikiran, anggapan, atau perkiraan terhadap sesuatu disebut dengan pendapat. Tidak semua orang memiliki pendapat yang sama. Karena semua orang memiliki jalan pikiran masing-masing terhadap sesuatu apapun. Pendapat yang dimiliki oleh seseorang dipengaruhi oleh pengetahuan, harapan dan perkiraan. Oleh sebab itu, kita harus saling menghargai pendapat satu sama lain. Agar tidak menimbulkan pertikaian.

Manfaat Menghargai Pendapat

Manfaat Menghargai Pendapat

Nah, jadi sudah seharusnya kamu memiliki sikap menghargai terhadap pendapat orang lain. Karena menghargai itu sama halnya dengan menghormati dan memberikan apresiasi. Menghormati pikiran, gagasan, anggapan terhadap orang lain. Salah satu cara menghargai pendapat orang lain yaitu mendengarkan saran yang telah diberikannya.

Menghargai pendapat orang lain itu sangat penting loh, tahu kenapa? Ya karena kalau kita menghargai pendapat orang lain, akan memberikan manfaat buat kita. Ini ada beberapa manfaat menghargai pendapat orang lain :

1. Memperoleh wawasan baru
Benarkah menghargai pendapat orang lain dapat memperoleh wawasan baru? Tentu saja, karena kita mendengarkan penjelasan atau saran yang diberikan orang lain. Dengan mendengarkan penjelasan orang lain akan mengembangkan pola pikir kita menjadi lebih berkembang. Asumsi-asumsi yang mereka berikan tentunya memiliki alasan. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh langsung menolak pendapat yang dilontarkan orang lain. Dengarkanlah penjelasannya. Dari penjelasan tersebut akan memberikanmu wawasan baru.

2. Mempertahankan silaturahmi
Dalam jalannya sebuah diskusi atau perundingan, pasti adakalanya pendapat yang berbeda menyulutkan amarah. Amarah tersebut janganlah dituruti, jika amarah tersebut dituruti akan menimbulkan perselisihan dan dendam. Itu sangatlah merugikan. Perbedaan yang ada harus disikapi dengan hal yang wajar. Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap menghargai terhadap pendapat orang lain. Jika kita  menghargai pendapat orang lainn akan mempertahankan dan memperkuat silaturahmi.

3. Mencapai tujuan bersama
Dengan adanya sikap menghargai pendapat orang lain akan menghindarkan dari yang namanya perselisihan. Semua orang tidak akan memaksakan pendapatnya untuk diterima. Perbedaan pendapat dari semua orang di dengarkan dan diterima satu persatu sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

baca juga
strategi jitu melawan kegagalan
jenis-jenis lapangan pekerjaan
manfaat pete yang belum banyak di ketahui

Dari semua uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manfaat menghargai pendapat orang lain itu sangatlah banyak. Bukankah saran itu mengandung ajakan untuk melakukan perubahan/ kebaikan? Jadi setiap saran yang diberikan orang lain haruslah dihargai dan diterima kemudian ditelaah dengan baik. Pendapat yang berbed merupakan sesuatu yang wajar, hendaknya dihadapi dengan sikap saling menghargai.

2 Comments

Leave a Reply