Manfaat Air Bagi Tumbuhan

AIR DAN TUMBUHAN

Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Pernahkah anda berpikir jika di dunia ini tidak ada air? maka tidak akan ada keseimbangan dalam kehidupan makhluk hidup. Dalam tubuh manusia saja terdapat banyak air. Itu menunjukan bahwa keberadaan air sangat penting dalam setiap kehidupan yang ada di bumi ini.

Air sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanpa air dapat dipastikan seluruh makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup lama. Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis tentang manfaat air bagi tumbuhan. Manfaat air bagi tumbuhan bermacam-macam, seperti :

1. Air Bermanfaat Sebagai Pelarut Dan Pengantar Bagi Zat Hara
Air sebagai alat untuk menghantarkan dalam pemindahan zat hara barang yang diangkut air berupa mineral dari dalam tanah dan bahan organik dari hasil fotosintesis.
“Zat hara adalah mineral yang terdapat dalam tanah berfungsi untuk melakukan fotosintesis pada tumbuhan. Bentuk zat hara berbentuk cair kerena merupakan sari makanan untuk tumbuhan”.

2. Sebagai Stabilitas Dan Pemindahan Panas
Air sangat berperan penting sebagai penyangga dalam pengaturan panas tubuh tumbuhan bertujuan supaya tumbuhan tidak terjadinya pengeringan pada batang dan daun.

baca juga : Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

3. Sebagai Reaksi Bahan Biokimia
Maksudnya Air akan berperan sebagai elektron yang membantu untuk berlangsungnya fotosintesis. Air akan dibawa langsung oleh akar menuju badan agar disampaikan pada daun-daun.

4. Sebagai Penyusun Utama Protoplasma
Molekul-molekul yang terdapat dalam protoplasma seperti protein, karbohidrat dan lainnya bercampur dengan air untuk membentuk koloid.

5. Sebagai Pendorong Proses Respirasi
Respirasi adalah “bernafas” suatu proses mengambil O2 untuk pemecahan senyawa organik menjadi CO2 -> H2O dan energi.
Jadi penyediaan tenaga pada tumbuhan dapat meningkat dan ini akan berguna untuk membantu pertumbuhan tumbuhan secara baik.

6. Sebagai Pemelihara Puhu Tanaman,
hal ini terjadi agar tumbuhan tidak ke kurangan air. Jika tanaman kekurangan air perkembangannya menjadi “abnormal (tidak nomal)“. Sehingga dapat menyebabkan tanaman kerdil dan lama-kelamaan akan mati.

baca juga : pengertian  DNA (DEOXYRIBONUCLEIC ACID)

Dengan demikian, air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tanpa adanya air manusia, hewan, dan tumbuhan tidak akan hidup. Adapun manfaat air bagi tumbuhan yaitu air bermanfaat sebagai pelarut dan penghantar zat hara, bermanfaat sebagai stabilitasi dan pemindahan panas, air bermanfaat sebagai alat gerak, air bermanfaat sebagai reaksi bahan biokimia, air bermanfaat sebagai penyusun protoplasma, air bermanfaat sebagai pendorong proses respirasi, dan air bermanfaat sebagai pemelihara suhu tumbuhan.

4 Comments

Leave a Reply