Jangan bingung, Ini solusi yang sudah Lulus sekolah?

 

bingung2

GuruMurid.com Nah ini mungkin yang membingungkan bagi beberapa para calon siswa atau mahasiswa yang berkeinginan untuk melajutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi,

Yang sering timbul pertanyaan di benak kita adalah kemana kita harus melangkah setelah kita lulus sekolah ?
Untuk Yg sudah lulusan SD mikir mau SMP apa dan dimana,,Yg lulus SMP bingung mau ke SMA/SMK.
Lah yg SMA lbh bingung mau Kerja atau kuliah atau Nikah?? , kalo kerja ya mau kerja dmn, kalo kuliah maunya dimana dan jurusan apa ,, dan blablablabla sungguh ribet!!

Ok lah untuk yang Lulusan SD gak usah Ribet, karena biasanya orang tua lah yang sudah mengaturnya. Mungkin karena masih di anggap anak-anak kali ya hho.

Dan ini saya berikan sedikit TIPS untuk orang tua dalam memilih sekolah terbaik untuk anaknya.

 

Tips Memilih sekolah tingkat SMP untuk anak yang baru lulus SD (sekolah dasar) :

1.Status Sekolah,
Status sekolah Negeri/Swasta.
Pada dasarnya sekolah Negeri / Swasta itu sama saja, sama-sama bertujuan untuk mendidik, Tapi apa salah nya mempertimbangkan pilihan ke sekolah yg terbaik, kalau di daerah dekat rumah anda ada sekolah SMP Negeri terbaik mungkin bisa jadi rekomendasi anda sendiri.

2.Fasilitas sekolah,
Fasilitas sekolah ini sangat lah penting dimana fasilitas dalam hal praktik sangat mudah di mengerti oleh anak.Karena waktu saya SMP dlu hal yang menyenangkan ketika di dalam lab hahaha, misal Perpustakan, Lab Komputer, Lab Fisika, Lab B.inggris apa lagi Lab lapangan?? Hha emnk ada?? Ada-adain Aja pokoknyo..wkwk, pokoknya kalau sudah di dalam lab praktik itu pelajaran akan sangat mudah untuk di pahami.

3.Tenaga Pengajar,
hal ini paling merepotkan yang pernah saya singgung di artikel sebelumnya hal yang membuat mengantuk di dalam kelas, wkwk, nah ini peyebabnya karena ada banyak oknum guru yang pemalas yang bisa cuma ngasih catatan terus menerus. Hal ini bisa orang tua cari info melalui anak-anak yang sudah sekolah di sana.

4.Lingkungan
Lingkungan yang baik akan menjadikan suasana yang baik, jadi hal ini lah yg lebih banyak berpengaruh tentang perkembangan anak.

Nah ini Tips memilih sekolah tingkat SMA/SMK

1.keterampilan anda,
Sesuaikan dengan Keahlian/Hobby anda jangan sampe salah alur wkwk,,misal anda sangat Hobby sekali listrik,sipil,automotif, tapi anda sekolah IPA, nah ini sedikit tidak beralur, tp bukan tidak boleh.. Itu boleh saja karena emank Hak anda, tapi kalau bisa sesuai dengan yang anda hoobykan biar anda bisa mendalamin, dan menjadi ahli di bidang yang anda tekunin.

2.fasilitas
Fasilitas merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah sekolah. Karena fasilitas sebagai penunjang untuk melakukan proses belajar mengajar agar mencapai tujuan pendidikan. Seperti contoh, lapangan sekolah. Selain berfungsi sebagai tempat upacara juga digunakan untuk tempat olahraga. Dengan berbagai peralatan olahraga. Sehingga anda merasa senang dan gembira dalam mengekspresikan bakat dan potensi yang anda miliki dalam berbagai bidang sekolah olahraga, seperti yang hobby bermain bola kaki, bola voly, bola basket dan berbagai macam olahraga lain.

3.tempat praktik
Waw, ini yang sangat menarik yang diminati banyak siswa. tempat praktik ini merupakan tempat dimana langsung menerapkan kemampuan teori secara praktik. Kenapa dikatakan demikian?. Dengan adanya tempat praktik ini siswa dapat melakukan uji coba atau eksperimen dalam meneliti sesuatu. Anda lebih mudah memahami dan menerima pelajaran.

4.lingkungan
Lingkungan yang indah dan pekarangan yang cukup luas, dapat memudahkan anda untuk keluar masuk sekolah tanpa harus berdesak-desakan. Pekarangan sekolahpun bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain saat istirahat. Disekeliling sekolah terdapat pagar tembok yang kokoh sehingga dapat memberikan rasa aman, damai dan tentram bagi anda dalam melaksanakan belajar tanpa gangguan yang dapat merusak konsentrasi anda.

5.biaya
Ngomongin masalah biaya? Hum, ini yang sangat diperhatikan orangtua anda. Biasanya kebanyakan orangtua mencari sekolah negeri atau sekolah yang terbaik dan maunya dengan biaya yang murah. Benar kan. Wkwkwk. semua sekolah sebenarnya sama saja. Tujuannya sama-sama belajar. Hanya saja sekolah yang biasa sangat terbatas dalam fasilitas.

 

dan terakhir, Tips memilih tempat kuliah :

1.keterampilan
Keterampilan ini yang biasanya hal utama dicari oleh para mahasiswa. Misalkan keterampilan dalam organisasi. Untuk anda yang hobby dalam bidang kesenian, mapala, pramuka, teater dan lainnya. Dimana ada tempat untuk meluangkan hobby anda. Pastikan anda tepat memilih tempat kuliah yang ada keterampilan yang anda sukai.

2.Negeri
Tempat kuliah negeri, ramai dikunjungi para calon-calon mahasiswa baru. Karena sekolah negeri fasilitas lengkap, cara belajar mengajar sangat efektif. Sekolah negeri bisa menentukan dan paling diutamakan dalam mencari pekerjaan nantinya.

3. Akreditasi,
Disaran kan akreditasi A / B.
Akreditasi berpengaruh dengan kualitas dari pada keunggulan kampus seperti teknik mengajar para pengajar, kualitas property, ruangan yang bertingkat, berAC agar anda tidak kepanasan dan terganggu konsentrasi dalam prosea belajar mengajar dikelas.

5. Lokasi strategis
Memilih lokasi harus yang strategis, ada yang suka dekat dengan kampus dan ada yang suka jauh dari kampus. Pilihlah lokasi yang baik dekat dengan keramaian misalkan dekat dengan rumah penduduk, tempat pembelian ATK, Fotocopyan dan sebagainya sehingga dapat memudahkan anda dalam melakukan kegiatan.

Menurut pengalaman pribadi saya ketika kita sudah memikirkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya itu bukanlah perkara mudah, Di karenakan kita harus benar-benar memilih kualitas dan kuantitas dari tempat yang akan mendidik kita nanti untuk lebih baik.

Memilih-milih tempat sangat di benarkan menurut saya, pilih lah tempat sabaik mungkin.

Ada istilah masyarakat yang sering di bicarakan yaitu “semua tempat pendidikan itu sama, asal tergantung sama orang yang di didik”.
Itu menurut saya adalah kesalahan besar, Mengapa? Karena sudah jelas hal yang sangat mempengaruhi tingkah laku seseorang itu adalah Lingkungan, lingkungan yang baik menciptakan suasana yang baik.

Masih sangat banyak SD,SMP,SMA/SMK, Univ yang sangat bagus, bahkan selalu mengeluarkan bibit yang selalu berprestasi dimanapun. Nah tempat ini lah yang sebaiknya menjadi pilihan.

Semoga ini bermanfaat bagi teman-teman sahabat gurumurid.com

Leave a Reply