Khasiat Tanaman Kencur

tanaman kencur

Kencur merupakan tanaman yang tumbuh didataran rendah. Kencur sangatlah mudah kita jumpai. Apalagi saat musim penghujan, kencur akan tumbuh dan berkembang dengan cepat. Cara menanam kencur sangatlah praktis, cukup masukkan kencur kedalam pot yang berisi tanah, kemudian timbunlah dengan tanah. Kencurpun akan tumbuh dengan cukup sinar matahari dan tidak terlalu basah.

Biasanya kencur sering digunakan untuk memasak. Akan tetapi, taukah kamu keistimewaan dari tanaman kencur ini? Humm….. Selain sebagai bumbu dapur, kencur juga berkhasiat sekali loh untuk obat-obatan tradiaional. Karena kencur banyak¬† mengandung bahan-bahan kimia seperti pati, mineral, minyak atsiri, asam cinamic, borneol, asam anisik, penta dekaan, alkaloid, gom dan sebagainya.

Mau tahukan, khasiat atau keistimewaan dari tanaman kencur? Yuk, kita bahas sama-sama. Tanaman kencur berkhasiat untuk:

1. Masuk Angin.
Ini yang sering terjadi pada tubuh kita, masuk angin bisa diakibatkan karena perut kosong yang belum mengkonsumsi makanan, keluar pada malam hari dan sebagainya. Disini kencur memiliki peran penting dalam mengobati masuk angin. Caranya bersihkan dan kuliti kencur, kemudian makanlah kencur dengan garam. Lakukan sehari 2 kali.

2. Batuk.
Ketika batuk melanda, sangat menyulitkan kita. Aktivitaspun berjalan akan terganggu. Batuk membuat tenggorokan gatal dan tidak nyaman. Untuk itu, potonglah kencur sebesar ibu jari diparut. Tambahkan satu gelas air hangat, kemudian diperas dan disaring serta tambahkan garam secukupnya. Lalu diminum. Lakukan setiap pagi secara rutin.

3. Sakit kepala.
Sakit kepala sering terserang karena melakukan aktivitas berpikir terlalu lelah dan dipaksakan. Untuk mengatasinya, cukup gunakan 2-3 lembar daun kencur yang sudah ditumbuk halus. Kemudian oleskan pada dahi.

4. Diare.
Cara menggobati diare lakukanlah dengan cara tradisional ini. Gunakan kencur yang diparut. Kemudian tambahkan 1 gelas air hangat, peras dan saring. Lalu oleskan pada perut. Tanaman kencur akan memberikan kehangatan pada perut.

5. Memperlancar haid.
Peenahkah kamu dengar, kencur dapat memperlancar haid? Ini khusus buat wanita loh, Hehehe. Rimpang kencur sebesar ibu jari, cincang xan campur dengan 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua. Bahan tersebut direbus secara bersamaan  sampai mendidih. Kemudian saring lalu minumlah 2 kali sehari.

6. Menghilangkan lelah.
Selain itu kencur juga dapat menghilangkan lelah. Caranya potonglah kencur dan 1 buah cabai sebanyak 2 sendok makan. Lalu gorenglah tanpa minyak. Direbus dengan dua gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Kemudian minumlah.

7. Keseleo.
Rendamlah beras dengan 1 rimpang kencur, dan dipipis dengan air secukupnya. Cara menggunakannya, oleskan pada bagian yang keseleo.

8. Mata pegal.
Kerap kali kita merasakan sakit pada pelupuk mata, berkedip pun terasa sakit. Itu diakibatkan karena pegal dan kelelahan. Kencur ini bisa digunakan untuk mengobati rasa pegal pada mata. Caranya, 1 rimpang kencur dibelah menjadi dua bagian. Permukaan yang masih basah untuk menggosom pelupuk mata.

Wah, sungguh luar biasa bukan. Tanaman kecil tapi memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan hidup kita. Cara tradisional ini, perlu dicontoh. Selain mudah didapat, cara menggunakannya juga sangatlah praktis. Sehingga kamu tidak susah-susah untuk membeli obat ke apotik, yang jaraknya jauh dari rumahmu. Selamat mencoba ya!

baca juga : manfaat menjadi ketua kelas

Leave a Reply