Inilah Sebab munculnya masalah Sosial di Masyarakat

Manusia hidup dan berkembang dalam sebuah masyarakat. Dalam bermasyarakat manusia senantiasa diatur oleh norma dan nilai. Semua nilai dan norma tersebut harus ditaati sebagai mana mestinya. Jika manusia tidak mentaati nilai dan norma yang berlaku, maka akan timbul masalah-masalah dalam masyarakat. Contoh kecil saja, perilaku kebut-kebutan dijalan sangatlah melanggar aturan yang ada. Lalu lintas jalan raya jadi terganggu dan dapat membahayakan orang lain.

Depresi

Sebab munculnya masalah Sosial

Masalah sosial adalah masalah-masalah yang terjadi karena satu bentuk keadaan yang tidak seimbang antara nilai, norma dan perilaku manusia yang perlu pemecahannya. Masalah yang sangat berkelanjutan sampai saat ini ialah masalah kemiskinan atau kekurangan ekonomi. Hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan, pangan, tempat tinggal dan kekurangan gizi. Berdasarkan hal diatas, banyak diketahui bahwa banyak sekali sebab munculnya masalah sosial. Adapun sebab-sebab munculnya masalah sosial yaitu:

1. Adanya Nilai dan Norma yang dilanggar
Nilai dan norma yang berlaku di Negara kita menjadikan masyarakat hidup dengan aman, damai, tentram dan nyaman. Dengan adanya nilai dan norma ini perilaku masyarakat dibatasi agar tidak merugikan orang lain. Coba bayangkan, jika kita melanggar nilai dan norma, apa jadinya? Hal ini akan menimbulkan banyak masalah, misalnya penyalahgunaan narkotik, perjudian, dan kebut-kebutan. Perilaku tersebut dapat meresahkan kehidupan warga masyarakat.

2. Adanya ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan.
Setiap manusia memiliki harapan dan keinginan dalam hidup. Harapan tersebut harus dicapai dengan usaha dan kerja keras yang sangat sungguh-sungguh. Tetapi terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini dapat memunculkan permasalahan sosial. Misalnya, dalam sebuah masyarakat menginginkan keadaan lingkungan aman dan tentram. Namun pada kenyataannya, perasaan masyarakat tidak tenang dan gelisah. Diakibatkan oleh tingkat kriminalitas yang tinggi. Disini terlihat sekali ketidak sesuaian antara harapan dan kenyataan. Masalah sosial kriminalitas harus diselesaikan.

3. Adanya kekurangan dalam diri manusia
Manusia memiliki keinginan yang hendak dicapai. Dalam mencapai keinginan tersebut ada saja kendala atau kekurangan yang akan mamunculkan masalah sosial. Seperti faktor ekonomi, kondisi yang serba kekurangan memaksa mereka untuk mengamen, mengemis dan hidup dikolong jembatan. Faktor biologis, mewabahnya suatu penyakit disuatu daerah sehingga mengakibatkan membuat tubuh manusia menjadi lemah dan tidak sanggup bekerja. Faktor psikogis, masalah-masalah sosial yang bersumber dari faktor psikologi berupa meningkatnya angka bunuh diri dan bertambahnya jumlah penderita gangguan jiwa.

baca juga : pengertian dan manfaat dari kerja bakti

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, masalah sosial adalah tidak seimbangnya nilai, norma dan perilaku manusia yang ditimbulkan oleh manusia itu sendiri. Banyak sekali masalah-msalah sosial yang terjadi di masyarakat. Dari hal yang kecil saja sudah dapat menimbulkan masalah sosial. Seperti halnya dalam permainan bersama teman, kamu bertindak curang. Maka hal tersebut akan menimbulkan masalah dan masalah tersebut harus diselesaikan dengan baik. Masalah sosial dapat disebabkan oleh adanya nilai dan norma yang dilanggar, adanya ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan dan adanya kekurangan dalam diri manusia seperti kekurangan karna faktor ekonomi, biologis dan psikologis.

2 Comments

Leave a Reply