Ini Dia Sumber Dari Pencemaran Udara

polusi-udara

Lingkungan yang sehat dapat dilihat dari kondisi air dan udara yang baik. Lingkungan yang sehat juga berawal dari individu yang sehat pula. Bagaimana dengan kondisi tempat tinggalmu? Apakah air dan udaranya bersih? Kita akan merasa nyaman jika lingkungan tempat tinggal kita dalam keadaan bersih.

Lingkungan yang dikatakan sehat apabila lingkungan air dan udaranya baik. Lingkungan tempat tinggal yang tidak nyaman dan dapat menimbulkan penyakit disebabkan oleh pencemaran udara dan air. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? untuk mengetahuinya, marilah kita bahas bersama-sama Sumber dari pencemaran udara .

1. Debu
Udara yang bersih adalah udara yang tidak berbau dan tidak berdebu. Seperti kita ketahui, debu terdapat dimana-mana yang berasal dari benda-benda kering, halus dan usang. Debu dapat berterbangan jika tertiup oleh angin dan laju kendaraan bermotor. Debu tersebut akan melayang dan jika terhisap akan mengganggu alat pernapasan.

2. Asap
Pada umumnya, asap merupakan hasil dari pembakaran. Asap juga termasuk zat pencemar udara yang cukup berbahaya. Contohnya saja, pada saat ini beberapa wilayah sedang terganggu karena udara tercemar gara-gara asap dimana-mana. Ini terjadi karena pembakaran yang dilakukan oleh para industri-industri untuk kepentingan semata. Meraka tidak mementingkan kesehatan para masyarakat. Hal ini dapat memberikan pengaruh buruk. Banyak sekali anak-anak jatuh sakit dan kehilangan nyawa akibat pencemaran udara.

Baca juga : Pengertian dari kabut asap

3. Bau yang tidak sedap
Udara juga bisa tercemar karena bau yang tidak sedap. Setiap detiknya kita selalu menghirup udara. Udara yang tidak sedap yang kita hirup akan membuat perut kita sakit, mual dan muntah-muntah. Bau yang tidak sedap tersebut biasanya dihasilkan karena sampah atau kotoran hewan. Udara yang tidak sedap tidak akan membuat kita nyaman untuk melakukan aktivitas.

Setiap makhluk hidup memerlukan udara. Udara disekitar kita ada yang bersih dan ada juga yang kotor. Udara yang bersih dapat membuat kita nyaman dan sehat. Sedangkan udara yang kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit. Udara yang kotor biasanya tercemar karena debu, asap dan bau yang tidak sedap.

baca juga : manfaat penggunaan energi alternatif

No Responses

Leave a Reply