Ini buktinya kalau permukaan bumi tidak rata

permukaan-bumi

Telah kita ketahui bentuk bumi itu bulat. Tapi tahukah anda selain berbentuk bulat, bumi juga tidak rata. Ada yang berbentuk lonjong dan ada pula yang berbentuk cekung. Ada yang berdataran tinggi dan ada pula yang berdataran rendah. Tinggi rendahnya permukaan bumi ini disebut dengan relief.

Hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa permukaan bumi itu tidak rata yaitu karena dipermukaan bumi terdapat gunung-gunung, bukit, sungai, danau, pantai dan laut. Untuk lebih jelasnya, mari pelajari hal dibawah ini.

1. Gunung dan Bukit
Gunung merupakan suatu pemandangan yang menarik untuk dilihat. Terkadang saja anak-anak sering menggambar pemandangan pegunungan. Gunung berbentuk kerucut yang berdiri sendiri, terdiri dari suatu puncak yang dibatasi oleh lereng. Gunung terdiri dari puncak gunung, lereng gunung dan kaki gunung. Sedangkan Bukit adalah bentuk permukaan bumi yang agak menonjol baik berdiri sendiri atau berkelompok. Bukit mirip dengan gunung, hanya saja bukit tidak terlalu tinggi.

2. Dataran Tinggi dan Dataran Rendah
Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada juga yang rendah. Dataran tinggi adalah bagian permukaan bumi yang cukup datar dan terdapat didaerah pegunungan. Sedangkan dataran rendah adalah bagian muka bumi yang datar dan pada umumnya terdapat didekat pantai.

baca juga : pengertian kenampakan alam

3. Lembah dan Jurang
Selain memiliki permukaan yang menjulang tinggi. Bumi juga memiliki permukaan yang menjorok kedalam yaitu lembah dan jurang. Lembah adalah daerah dikaki gunung yang luas. Sedangkan jurang adalah celah sempit dan dalam didaerah pegunungan.

4. Danau
Danau terbentuk karena permukaan bumi didataran terdapat cekungan-cekungan. Pada saat hujan turun, cekungan tersebut terendam air dan lama kelamaan akan terjadi genangan air yang luas. Inilah yang dinamakan dengan danau genangan air yang luas.

5. Sungai
Sungai adalah tempat air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sungai-sungai membentang dari hulu atau pegunungan ke muara atau pantai.

Permukaan bumi kita ini tidak rata. Hal ini terbukti karena adanya gunung-gunung dan bukit, gunung ada yang bersifat aktif ada juga yang bersifat tidak aktif. Gunung yang aktif adalah gunung yang mengeluarkan lava atau cairan panas yang keluar dari dalam bumi. Sedangkan gunung tidak aktif adalah gunung yang tidak mengeluarkan lava lagi.

baca juga : tentang perbuhan kenampakan bumi dan langit

Selain itu permukaan bumi tidak rata ditandai dengan dataran tinggi dan dataran rendah. Nah, tinggi rendahnya permukaan bumi ini disebut dengan relief. Kemudian juga dipermukaan bumi terdapat lembah dan jurang serta danau dan sungai. Itulah yang menyebabkan permukaan bumi kita ini tidak rata.

Leave a Reply