Hiburan Belajar Yang Mendidik

Hiburan Belajar Yang Mendidik

Tujuan belajar yaitu untuk mendidik, mengajarkan, memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik untuk mencapai suatu tujuan tertentu berupa hasil belajar melalui proses pembelajaran. Proses pembelajaran sangatlah penting, jika tidak ada proses lalu bagaimana akan mencapai tujuan yang diharapkan?

Hiburan Belajar Yang Mendidik

Guru dan siswa sangatlah berperan penting. Karena keduanya selalu berinteraksi satu sama lain. Tanpa guru siswa tidak bisa memahami pembelajaran yang dipelajari. Begitu juga sebaliknya, tanpa siswa guru tidak dapat memberikan ilmu yang telah diperolehnya. Guru dan siswa saling bergantungan satu sama lain.

Untuk itulah gunanya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran yang pertama kamu harus bisa menguasai kelas terlwbih dahulu. Jika kamu mampu menguasai kelas maka proses belajar mengajarpun akan terlaksana dengan efisien. Bicara tentang proses belajar, ada kalanya siswa merasa bosan. Maka gunakanlah cara pembelajaran yang sebaik mungkin.

Pernahkan kamu melihat siswamu bosan dalam belajar? Tentunya pernah donk. Banyak sekali faktor yang menyebabkannya. Salah satunya yaitu karena proses belajar yang hanya seperti itu-itu saja, tanpa variasi dan penggunaan metode. Itu tentu sangat membosankan bukan. Sehingga kerap kali siswa menjadi malas dan mengantuk dalam belajar.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus bisa mencari cara belajar yang dapat menghibur namun tetap mendidik. Agar kebosanan yang mereka rasakan dapat teratasi, belajarpun akan terasa lebih menarik dan mudah untuk diterima dan dipahami.

Begini loh cara menghibur siswa dari kebosanan, tetapi tetap mendidik. Caranya adalah :

1. Membaca Intensif.
Membaca Intensif yaitu membaca dengan penuh perhatian sehingga dapat menemukan ide pokok teks bacaan. Siswa dapat membaca sebuah cerita secara berulang-ulang sampai  menemukan ide pokoknya. Setelah itu catatlah ide pokok dari setiap paragraf teks cerita. Dari ide-ide pokok tersebut, cobalah buat sebuah ringkasan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Lalu berikan judul pada ringkasan cerita tersebut.

2. Mendengarkan sebuah cerita.
Ketika sedang belajar, tutuplah buku. Lalu dengarkan sebuah cerita yang akan disampaikan guru. Waktu mendengarkan cerita, kamu harus memusatkan perhatian secara penuh sehingga dapat menangkap dan menjelaskan kemabali apa yang telah kamu dengar. Catatlah bagian-bagian yang terpenting misalnya tokoh cerita, urutan peristiwanya. Setelah kamu mendengar dan mencatat bagian dari cerita tersebut. Buatlah ringkasan  berdasarkan tahap peristiwa dan tokohnya, kembangkan dengan imajinasimu. Asyik banget bukan?

3. Menceritakan hasil pengamatan.
Jika belajar didalam kelas terus menerus, jelas akan menimbulkan kebosanan. Untuk itu, belajar juga bisa dilakukan diluar kelas. Misalnya mengamati hal-hal yang ada disekitar kita. Amatilah apa saja yang ada disekitarmu dan bagaimana peristiwanya? Setelah kamu mengamati hal tersebut, cobalah jelaskan hasil pengamatanmu secara lisan dengan terperinci, runtut dan mudah dipahami.

4. Bereksperimen.
Bereksperimen perlu digunakan dalam belajar. Karena kenapa? Karena dengan bereksperimen belajar akan lebih terasa rileks tanpa ada beban. Eksperimen merupakan salah satu metode dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode eksperimen, siswa akan terlibat langsung dalam sebuah percobaan. Dengan bantuan guru, kamu dapat melakukan, mengetahui, memahami hingga akhirnya dapat menyimpulkan sendiri hasil percobaan yang telah mereka lakukan.

Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa, cara belajar harus menggunakan variasi agar siswa tidak merasa bosan. Beberapa poin diatas dapat membantumu untuk membuat hiburan dalam belajar, tetapi tetap mendidik. Semoga artikel tentang Hiburan Belajar Yang Mendidik ini bermanfaat ya!

One Response

Leave a Reply