Hak-hak Siswa di Sekolah

Semua orang memiliki hak dan kewajiban dalam hidup. Hak adalah sesuatu yang mutlak untuk Anda dapatkan. Sedangkan kewajiban adalah hal yang harus dilakukan yang hukumnya wajib. Sebelumnya Anda sudah mempelajari tentang kewajiban dan larangan murid disekolah. Nah, selain melaksanakan kewajiban dan larangan disekolah, siswa juga memiliki haknya disekolah. Adapun Hak-hak Siswa di Sekolah yaitu :

1. Siswa berhak mengikuti pelajaran dan mendapatkan pengajaran selama tidak melakukan kesalahan.
2. Siswa berhak membaca dan meminjam buku yang ada diperpustakaan.
3. Siswa berhak menggunakan semua fasilitas yang ada disekolah dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.
4. Siswa berhak mendapatkan piagam dan penghargaan atas prestasi yang diperoleh.
5. Siswa berhak mendapatkan bimbingan dengan masalah yang dialami. Maksudnya, jika siswa belum bisa membaca, belum memahami pelajaran siswa berhak mendapat bimbingan dari guru agar bisa membaca dan dapat memahami pelajaran yang diberikan.
6. Siswa berhak mendapatkan ilmu keagamaan dan keterampilan.
7. Siswa berhak mendapatkan perlakuan adil dari guru, meskipun Anda termasuk orang yang lambat dalam memahami pelajaran.
8. Memperoleh nilai dari hasil belajar.

baca juga : manfaat kerja bakti di sekolah

Sebagai pelajar Anda berhak atas semua hal diatas. Kenapa Anda berhak, karena hak disekolah suatu hal yang mutlak Anda dapatkan. Baik dari segi mendapatkan pelajaran, bimbingan, siswa juga berhak membaca dan meminjam buku diperpustakaan, menggunakan fasilitas sesuai ketentuan yang berlaku, mendapatkan piagam penghargaan atas prestasi yang dicapai, berhak mendapat perlakuan adil seperti teman lainnya, berhak mendapatkan ilmu keagamaan dan keterampilan, dan berhak memperoleh nilai dari hasil belajar yang Anda kerjakan.

Leave a Reply