Faktor yang mempengaruhi proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses pemasakan makanan pada tumbuhan. Dalam proses fotosintesis memerlukan gas karbondioksiada, air dan sumber energi sinar matahari. Proses fotosintesis melalui dua tahap yaitu tahap reaksi terang dan reaksi gelap. Tahap reaksi terang atau reaksi fotolisis memerlukan cahaya matahari yang berguna untuk memecahkan molekul air menjadi ion dan oksigen. Sedangkan pada reaksi gelap atau siklus Calvin ini proses penggabungan molekul karbondioksida dengan ion hidrogen. Proses ini menghasilkan glukosa.

fotosintesis

Proses fotosintesis dapat berlangsung selama ada cahaya, baik dari cahaya matahari maupun cahaya lain. Dengan demikian, fotosintesis pada tumbuhan hijau dapat terjadi kapanpun selama ada energi cahaya dengan intensitas atau tinggi rendahnya cahaya yang memadai. Setelah melalui dua tahap tersebut, proses fotosintesis pada tumbuhan hijau dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor Internal dan faktor Eksternal. Adapun penjelasannya :

1. Faktor Internal
Faktor Internal yaitu faktor yang berasal dari dalam tumbuhan.
Hal ini dapat mempengaruhi proses fotosintesis pada

  • Tahap pertumbuhan
    Pada saat tahap pertumbuhan, laju fotosintesis jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang berkecambah dari pada tumbuhan dewasa.
  • Pada kadar klorofil
    Klorofil adalah zat hijau daum. Semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berlangsung sangat cepat. Jika kadar klorofil berkurang maka daun akan menguning. Hal ini akan menurunkan laju fotosinesis.
  • Umur daun
    Semakin tua daun maka kemampuan berfotosintesis semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
  • Struktur daun dan stomata
    Bentuk tebal tipisnya daun berpengaruh pada jumlah klorofil, stomata dan mudah tidaknya daun menyerap cahaya.
  • e. Penimbun hasil fotosintesis
    Penimbunan hasil fotosintesis pada sel yang mengandung klorofil menghalangi pengikatan energi cahaya.
  • f. Kadar hasil fotosintesis
    Jika kadar pada zat hasil fotosintesis berkurang maka laju fotosintesis akan naik.

baca juga manfaat tumbuhan bagi manusia

2. Faktor Eksternal
Faktor Ekaternal adalah faktor yang berasal dari luar tumbuhan. Adapun faktor yang mempengaruhi pada proses fotosintesis yaitu:

  • Cahaya matahari
    Cahaya matahari atau intensitas (tinggi rendahnya cahaya) yang diperlukan harus cukup agar proses fotosintesis berlangsung dengan efisien. Jika cahaya matahari terlalu tinggi maka akan merusak klorofil.
  • Suhu
    Suhu yang diperlukan untuk proses fotosinesis harus berkisar 10ºC sampa 35ºC. Pada suhu tersebut kecepatan fotosintesis berbanding lurus dengan pertambahan suhu. Jika suhu terlalu tinggi diatas 35ºC fotosintesis akan terhenti karena enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh karena itu, tumbuhan menghendaki suhu optimal agar fotosintesis berjalan secara efisien.
  • Air
    Ketersediaan air mempengaruhi laju fotosintesis. Karena air merupakan bahan baku dalam proses fotosintesis. Turunnya kadar air didalam tubuh tumbuhan akan menyebabkan stomata menutup. Hal itu menyebabkan kemampuan fotosintesis akan menurun.
  • Karbon dioksida
    Karbon dioksida merupakan salah satu bahan dasar fotosintesis selain air. Makin tinggi kadar karbon dioksida makin meningkatkan kemampuan fotosintesis. Akan tetapi kenaikan karbon dioksida harus sesuai dengan intensitas cahaya.
  • Mineral
    Fotosintesis dipengaruhi oleh mineral terutama yang menyusun klorofil, seperti magnesium dan besi. Kekurangan unsur tersebut dapat mengganggu pembentukan klorofil dan selanjutnya menghambat proses fotosintesis.
  • Oksigen
    Kenaikan kadar oksigen dapat mengjambat fotosintesis karena oksigen merupakan komponen respirasi.

baca juga tentang sistem jaringan pada tumbuhan

Fotosintesis merupakan proses yang sangat penting pada tumbuhan. Dalam proses fotosintesis dilakukan memalui dua tahap yaitu tahap reaksi terang dan reaksi gelap. Pada reaksi terang memerlukan cahaya matahari untuk memcahkan molekul air menjadi ion. Sedangkan pada reaksi gelap penggabungan karbon dioksida dengan ion sehingga menghasilkan glukosa. Glukosa disimpan didalam akar, batang dan buah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Selain melalui dua tahap tersebut banyak faktor yang mempengaruhi dalam proses fotosintesis yaitu faktor internal dan faktor eksternal.  Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam tumbuhan. Sedangkan faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tumbuhan.

2 Comments

Leave a Reply