Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

penduduk

 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk 

Penduduk dimanapun berada akan selalu bertambah. Pertumbuhan itu bisa saja dari kelahiran ataupun datangnya orang dari luar, Dan Penduduk itu juga bisa berkurang di sebabkan mininggal atau keluar wilayah. Maka, Jumlahnya bisa tetap atau berkurang.

Jadi Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pertambahan penduduk yaitu :

1. Kelahiran

2. Kematian

3. Penduduk Yang Datang

4. Penduduk Yang Pergi

1. Kelahiran, 

Kelahiran bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, Antara lain menikah di usia muda dan tidak melaksanan program keluarga berencana yang menyebabkan meningkatnya angka kelharian. Kedua yang menghambat kelahiran itu kerena menggunakan program keluarga berencana.

2. Kematian,

Kematian juga dapat di pengaruhi beberapa faktor yaitu pendukung dan penghambat,

Pendukung, faktor pendukung yang menyebabkan angka kematian antara lain , tidak menjaga kesehatan, kurang sarana kesehatan di wiliyah tersebut seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Apotik, kemiskinan yang berlebihan yang menyebabkan kurangnya asupan gizi,wilayah perperangan, bencana alam, pola makan tidak teratur dan wabah penyakit.

Penghambat, Dan Faktor Yang menghambat kematian antara lain menjaga kesehatan, pola makan yang teratus, makan yang bergizi, sedikitnya angka kemiskinan, sarana kesehatan yang lengkap.

3.Penduduk Yang Datang,

Pendudukan yang datang bisa saja orang yang dari luar wilayah datang ke wilayah kita yang bertujuan untuk menetap, belajar, atau bekerja, hal ini bisa menyebabkan meningkatnya jumlah penduduk.

4.Penduduk Yang Pergi,

Pendudukan yang pergi bisa saja orang di suaty wilayah datang ke wilayah lain yang bertujuan untuk menetap, belajar, atau bekerja, dalam jumlah yang banyak, seperti menjadi TKI, hal ini bisa menyebabkan menurunnya jumlah penduduk.

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah.

Leave a Reply