Faktor penyebab kanker (Cancer)

Sering sekali kita mendengar kata “Kanker”, lalu apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar kata tersebut? Tentunya, kamu berpikir bahwa ini merupakan penyakit yang mematikan, bukan? Banyak sekali orang-orang yang sudah terkena kanker di dunia ini.¬† Kanker dapat mengakhiri hidup seseorang secara perlahan-lahan tapi pasti.

Wah kebayangkan, kalau kanker ini dapat mengakhiri hidup seseorang, berarti bahaya banget donk. Bicara mengenai kanker, lalu apa sih kanker itu? Untuk lebih jelasnya, baca yuk penjabarannya.

sakit

Penyebab kanker

Kanker merupakan suatu jenis penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal, tidak terkontrol dan berlangsung sangat cepat, serta dapat menyerang jaringan tubuh lainnya. Pengetahuan yang berkembang pada masyarakat banyak mengatakan bahwa kanker sama dengan tumor. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Tumor adalah istilah untuk setiap benjolan yang tidak normal dan pertumbuhannya lambat.

Pada umumnya kanker diderita oleh wanita. Kanker biasanya berkembang pada payudara, paru-paru, ginjal dan rahim. Lalu apa saja sih faktor pemicu munculnya kanker? Hum, ini nih yang wajib kamu ketahui, agar kamu dapat terhindar dari yang namanya penyakit kanker. Adapun faktor penyebabnya, yaitu :

1. Makanan
Makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi seperti kepiting, udang, kerang dan berbagai jenis seefood lainnya dapat memicu timbulnya kanker didalam tubuh. Minuman beralkohol juga memicu berbagai jenis kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, pita suara, hati dan payudara. Selain itu, mengkonsumsi garam berlebihan serta bahan pengawet, pewarna, pemanis dan penyedap juga dapat memicu kanker.

2. Asap rokok
Asap rokok mengandung berbagai senyawa yang beracun. Asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif maupun pasif dapat memicu munculnya kanker seperti paru-paru, pita suara, mulut, kerongkongan dan tenggorokan.

3. Bahan-bahan kimia
Bahan-bahan kimia penyebab pencemaran udara, air, maupun tanah berpotensi memicu munculnya kanker didalam tubuh. Udara yang sudah tercemar merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.

4. Radiasi
Terjadinya kanker juga dapat disebabkan oleh radiasi elektromagnetik berenergi tinggi. Seperti cahaya matahari, dan sinar-X. Cahaya tersebut berpotensi tinggi mengakibatkan kanker kulit.

5. Keturunan
Jika salah satu diantara keluarga terkena penyakit kanker. Cenderung kanker yang dideritanya dapat menurun ke salah satu anggota keluarganya.Tetapi tidak  semua jenis kanker yang dapat diturunkan. Hanya beberapa jenis kanker saja seperti kanker kulit dan kanker payudara.

baca juga : 7 Gangguan pada sistem peredaran darah manusia

Dengan demikian, kanker merupakan penyakit ganas yang dapat mematikan, yang disebabkan oleh berbagai jenis makanan yang mengandung protein dan lemak yang tinggi, asap rokok, radiasi, bahan-bahan kimia yang dapat mencemarkan udara, air, dan tanah serta juga disebabkan oleh faktor keturunan. Pada umumnya, penderita kanker baru melakukan pemeriksaan setelah berada pada stadium lanjut, sehingga upaya pengobatannya menjadi sangat sulit.

One Response

Leave a Reply