Fakta Menarik Tentang Bintang

Pandangilah langit ketika malam datang. Penuh taburan bintang yang sangat memukau setiap orang melihatnya. Bintang merupakan bola gas yang sangat panas, pada pusat bintang terjadi perubahan gas hidrogen menjadi helium disertai dengan pengeluaran sejumlah besar energi. Nah, sebagian dari energi tersebut bisa kita lihat dan rasakan dalam bentuk cahaya dan panas.

fakta menarik tentang bintang

Fakta Menarik Tentang Bintang

Meskipun kita telah mempelajari banyak tentang bintang, masih banyak loh misteri tentang bintang yang belum terungkap. Menurut para ilmuan yang mempelajari tentang bintang atau yang disebut dengan astronom, mereka mengungkapkan fakta tentang bintang. Berikut fakta menarik tentang bintang menurut para ilmuan.

1. Warna bintang
Seperti kita lihat dilangit, bintang memberikan cahaya berwarna putih. Akan tetapi fakta membuktikan sebenarnya tidak semua bintang berwarna putih. Bintang yang lebih dingin warnanya agak kemerahan/jingga. Bintang yang panas warnanya biru keputihan. Matahari adalah bintang kuning memberikan cahaya panas berukuran sedang.

2. Ukuran bintang bervariasi
Semua bintang memiliki ukuran yang berbeda-beda satu sama lain. Ada beberapa bintang yang bisa menampung jutaan matahari yang berarti besar. Ada juga yang lebih kecil dari pada bulan.

baca juga
fakta permukaan bumi itu tidak rata
pengaruh cuaca pada kehidupan manusia

3. Beberapa bintang berpasangan
Pernahkah kamu melihat dan memperhatikan ada bintang yang saling berdekatan? Seolah mereka seperti berpasangan. Hal tersebut diakibatkan karena gaya gravitasi atau suatu gaya tarik, bintang yang tadinya terpisah disatukan oleh gaya gravitasi. Maka dari itulah beberapa bintang ada yang berpasangan.

4. Bintang terbesar
Seorang ilmuan bintang, melihat melalui teleskop ruang angkasa Hubble. Ia mendapati bahwa ada bintang terbesar yaitu Betelgeuse. Bintang super raksasa ini mempunyai garis tengah 700 kali garis tengah matahari. Waaw, kebayangkan betapa besarnya bintang Betelgeuse.

5. Bintang bergerak/bergoyang-goyang
Para ilmuan yakin bahwa, beberapa bintang-bintang di angkasa tampak bergoyang-goyang yang di akibatkan oleh gaya tarik planet-planet yang mengorbit. Orbit adalah jalur lintasan yang dilalui planet-planet disekitarnya.

Sekarang sudah tahu bukan, fakta-fakta tentang bintang yang dikemukakan oleh para ilmuan. Para ilmuan yang mempelajari tentang bintang disebut dengan astronom. Mereka mengungkapkan bahwa bintang itu memiliki warna yang beragam, bentuknyapun bervariasi ada yang besar ada pula yang lebih kecil dari bulan, bahkan memiliki ukuran 700 kali garis tengah matahari. Selain itu, bintang juga bergerak loh sahabat gurumurid. Wah, sungguh luar biasa bukan keindahan luar angkasa kita.

Leave a Reply