Fadlillah shadaqah

Kisahnyatasedekahmenyentuhhati

” Fadlillah shadaqah ” Shadaqah adalah memberikan harta benda yang kita miliki kepada orang yang berhak menerimanya. Dengan shadaqah tidak akan mengurangi harta seseorang, demikian pula Allah tidak akan menambahkan berkah kepada si pemaaf kecuali dengan sungguh-sungguh.
Firman-Nya :

يَمْحَقُ اللّهُ الْرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللّهُ لاَ يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ
“Allah menghapus (berkahnya) riba dan menambah (berkahnya) shadaqah. (Qs. 2 Al baqarah : 276)

Dalam riwayat imam thabrani “shadaqah tidaklah mengurangi harta, demikian pula hamba yang memberikan shadaqah kecuali akan masuk dalam urusan kekuasaan Allah.

Nabi saw bersabda : “Barang siapa yang shadaqah kurma dengan adil dari hasil kerja yang baik, Allah tidak akan menerima kecuali yang yang baik-baik”

Dari beberapa definisi diatas, dapat diartikan bahwa : Shadaqah adalah memberikan harta benda kita kepada orang lain yang membutuhkan sesuai dengan apa yang akan kita beri dan di dasari dengan hati yang ikhlas. Shadaqah bisa berupa uang, pakaian, makanan dan lain sebagainya. Dengan shadaqah tidak akan membuat kita jatuh miskin.

Masih banyak sebagian orang yang kurang bershadaqah, padahal hak orang tersebut pemberian dari Allah. Meskipun kita termasuk dari kalangan rendah. Tidak menutup kemungkinan tidak bisa bershadaqah. Berikanlah setidaknya sedikit saja dari apa yang kita dapat sebagai ucapan dari rasa syukur kita kepada Allah. Bershadaqahlah dengan hati yang ikhlas, dan tidak mengharapkan apapun.

Sebagai renungan:
Apa yang kita makan akan habis, apa yang kita pakai akan rusak. Tetapi apa yang kita berikan lalu yang menerimanya bisa memelihara dan memanfaatkannya serta akan mendapatkan pahala dari Allah.

Dalam riwayat lain, Nabi saw bersabda “Siapakah yang mau memberikan pinjaman (shadaqah) dengan pinjaman yang baik kepada Allah, maka Allah akan melipat gandakan pahala (pembayaran) dengan lipatan yang banyak”

Dikatakan Imam ahmad : Ya Rasul, sedekah mana yang paling utama?

Beliau saw bersabda :
“Ialah sedekah rahasia kepada yang membutuhkan terhadap yang susah dan kurang mampu”
Memberikan hutang merupakan sedekah. Pahala sedekahnya dilipat gandakan menjadi 10 kali lipat. Sedangkan pahala memberikan hutang dilipat gandakan menjadi 18 kali lipat.
Diantara hal-hal yang menjadikan Rahmat allah turun ialah memberikan makannya seorang muslim kepada fakir.
“Barang siapa yang memberi makan saudaranya sampai kenyang dan memberinya minum sampai segar, maka Allah akan menjauhkan neraka sejarak 70 parit, dimana jarak satu paritnya sejauh 500 tahun perjalanan”

Dengan demikian, bershadaqah sangat bermanfaat bagi kita semua. Bershadaqahlah dengan hati yang penuh keikhlasan. Karena dengan shadaqah kita akan mendapatkan pahala serta akan dilipat gandakan sesuai dengan firman-Nya. Sedekah yang paling memperoleh anungan dari Allah adalah sedekah yang apabila tangan kanan memberi, maka tangan kiri tidak perlu mengetahuinya.

Leave a Reply