Ciri-ciri makhluk hidup

ciri ciri makluk hidup

Makhluk hidup terdiri dari dua bagian yaitu makhluk hidup dan benda mati. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda antara makhluk hidup dan benda tak hidup. Makhluk hidup memerlukan makanan, berkembangbiak, bernafas, tumbuh dan lain sebagainya. Sedangkan benda tak hidup itu seperti batu, tanah, air. Untuk lebih jelasnya, marilah kita pelajari ciri-ciri dari makhluk hidup itu sendiri. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Makhluk hidup memerlukan makanan
Manusia, hewan, dan tumbuhan semuanya memerlukan makanan, untuk melangsungkan hidupnya. Setiap hari pasti anda merasa lapar, bukan? Tentunya anda pasti makan supaya badan tidak terasa lemah. Kita makan harus secara teratur, kalau tidak tubuh kita akan sakit. Makanan yang dimakan haruslah makanan yang mengandung gizi yang cukup. Supaya tumbuh dan perkembangannya dengan baik dan sehat. Selain bermanfaat sebagai sumber tenaga, makanan juga bermanfaat sebagai pengganti bagian tubuh yang rusak. Maka dari itu, makanlah makanan yang bergizi, yang dapat menyehatkan tubuh. Jangan sampai tidak makan, telat makan saja, akan mengakibatkan tubuh kita menjadi lemas, tidak bertenaga dan juga dapat menimbulkan penyakit.

2. Makhluk hidup bergerak
Makhluk hidup diciptakan dengan berbagai bentuk dan bentuk tersebut memiliki bagian-bagian yang mempunyai fungsi masing-masing.  Dengan bergerak segala kegiatan yang dilakukan makhluk hidup menjadi bukti bahwa, makhluk hidup bergerak.  Seperti tangan, untuk memegang, mulut untuk berbicara dan makan, mata untuk melihat. Sama halnya juga dengan hewan. Sedangkan pada tumbuhan bergerak dengan cara, akar menembus tanah untuk mencari air dan ketika bunga akan mekar, kelopak bunga pun akan membuka.

3. Makhluk hidup tumbuh dan berkembang
Setiap makhluk hidup pasti tumbuh dan berkembang. Tumbuh dan berkembang adalah suatu proses dimana dari kecil menjadi lebih tinggi dan besar. Agar selalu tumbuh dan berkembang, maka makhluk hidup memerlukan makanan. Dengan cara makan makanan setiap hari, dengan gizi yang cukup makhluk hidup seperti manusia akan mengalami pertumbuhan dari bayi ke SD kemudian lanjut ke tingkat SMP, kemudian lanjut ke tingkat SMA dan seterusnya akan terus tumbuh dan berkembang. Semua proses tersebut terus berlanjut hingga akhirnya sampai tua.

4. Makhluk hidup berkembang biak Makhluk hidup berkembangbiak agar menghasilkan keturunan dan supaya tidak punah. Manusia berkembangbiak dengan cara melahirkan. Hewan berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak. Sedangkan tumbuhan berkembangbiak dengan cara bertunas.

5. Makhluk hidup bernapas
Makhluk hidup selalu bernapas, jika tidak bernapas manusia tidak akan hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan bernapas dengan cara menghirup udara atau mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Karbondioksida yang dihasilkan tumbuhan digunakan untuk fotosintesis adalah proses memasak makanan tumbuhan hijau dengan air dan karbon dioksida.

6. Makhluk hidup menanggapi rangsangan
Makhluk hidup memiliki kepekaan terhadap suatu rangsangan. Seperti jika kita berada di daerah pegunungan, maka kita akan merasa kedinginan karena udara yang sangat dingin. Kemudian seperti contoh tumbuhan putri malu, daunnya akan menguncup ketika terkena sentuhan.

Dengan demikian makhluk hidup itu adalah makhluk ciptaan Allah Swt.  Makhluk hidup memiliki dua bagian yaitu makhluk hidup dan benda tak hidup/mati. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yaitu, memerlukan makanan, tumbuh dan berkembang, bernapas, berkembangbiak, dan bergerak. Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan juga bermanfaat untuk menghasilkan tenagan tumbuh dan sebagai pengganti bagian tubuh yang rusak.

4 Comments

Leave a Reply