Cara menjaga kelas agar tetap tertib

children-602967_640

Sekolah merupakan tempat belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan murid. Tugas guru disekolah sebagai pengajar dan juga sebagai pengelola kelas. Sedangkan murid bertugas untuk belajar dan belajar. Setiap hari guru mengajar memberikan dan menjelaskan materi sesuai dengan jadwal pelajaran yang ada. Disamping itu, guru juga harus mengelola kelasnya dengan baik. Agar keadaan kelas tetap terjaga dengan tertib tanpa ribut-ribut yang dipenuhi suara murid-murid.

Peran guru dalam mengelola kelas sangat penting. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar semenarik mungkin agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, setiap guru menginginkan agar suasana kelasnya tetap aman dan tertib jauh dari kebisingan. Tujuannya agar murid-murid dapat belajar dengan optimal.

Manjaga kelas agar tetap tertib memang sangat sulit untuk dilakukan, mengingat murid-murid tidak bisa diam dan selalu mengobrol disaat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Jadi susana kelas menjadi gaduh belajarpun tidak dapat berkonsentrasi untuk berpikir. Untuk itu anda perlu memerlukan beberapa trik, agar keadaan suasana kelas menjadi tertib saat sedang belajar dikelas. Adapun Cara menjaga kelas agar tetap tertib yaitu :

1. Anda sebagai guru harus bersikap tegas dan berhati sabar terhadap murid-murid, bukan sebagai orang yang ditakuti. Jika anda tegas maka murid-murid anda akan menurut, tidak bandel.

2. Memberikan murid-murid tugas dengan waktu yang ditentukan dan harus selesai tepat waktu. Sehingga mereka hanya fokus untuk mengerjakan tugas karena waktu yang ditentukan.

3. Cara mengajar harus semenarik mungkin, gunakanlah berbagai macam metode pembelajaran, ciptakan suasana belajar yang santai agar murid-murid tidak merasa tegang. Jika cara mengajar anda hanya begitu-begitu saja akan membuat bosan sehingga suasana kelaspun akan ribut dan ketika anda menjelaskan tidak akan diperhatikan oleh murid-murid.

4. Menyuruh ketua kelas untuk mencatat siapa saja yang mengobrol dan ribut saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Jika dicatat siapa yang ribut, siswa akan merasa takut dan tidak akan ribut.

5. Memberikan hukuman kepada murid-murid yang ribut agar dia tidak mengulanginya lagi.

baca juga : sejarah tentang kerajaan majapahit

Dengan demikian, guru sangat berperan penting dalam pengelolaan kelas bukan hanya sebagai tenaga pendidik. Pengelolaan kelas yang baik akan menimbulkan suasana belajar yang optimal. Sering sekali dikelas murid-murid ribut dengan asyik mengobrol, sehingga tugasnya tidak selesai. Untuk itu, anda harus mempunyai trik-trik khusus seperti, anda sebagai guru harus bersikap tegas, memberikan tugas dengan batas waktu yang ditentukan, cara mengajar harus semenarik mungkin, menyuruh ketua kelas mencatat siapa saja yang ribut dan memberikan hukuman terhadap murid yang ribut agar dia kapok dan tidak mengulanginya lagi.

Leave a Reply