Cara Meningkatkan Konsentrasi

konsentrasi

 “Kosentrasi” adalah kemampuan otak untuk memusatkan pikiran yang terfokus  pada sebuah alat atau object, bertujuan untuk meningkatkan rekam jejak atau suatu analisa seketika dalam mengerjakan satu kegiatan dalam satu waktu. Bisa berupa tugas atau yang lainnya.
Dalam kehidupan nyata konsentrasi ini sangat diperlukan sekali dalam upaya mengelolah informasi secara sadar dan realtime tanpa bercampur dengan konsep yang berbeda. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa memiliki konsentrasi yang baik dapat berdampak baik juga untuk setiap pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Maka dari itu disini gurumurid.com akan memberikan beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi.

Berikut beberapa cara yang dapat meningkatkan konsentrasi :

1. Lakukan Pola Hidup Sehat
Hidup yang sehat memiliki jiwa yang tenang, benar sekali! Pola hidup sehat sangat diperlukan dalam meningkatkan konsentrasi, kerena kosentrasi terpacuh pada daya tahan tubuh yang sehat. Tidak perlu banyak untuk melakukan pola hidup sehat cukup makan-makanan yang bergizi 3 kali dalam sehari, olahraga ringan, dan pola tidur yang teratur. Tidur yang tidak teratur dapat mengurangi konstrasi tubuh dan pikiran.

2. Istirahat Yang Cukup
Pekerjaan yang menumpuk membuat kita kehilangan kesadaran dalam menyempatkan waktu untuk beristirahat. Kurangnya istirahat akan menyebabkan kurangnya konsentrasi dikarenakan tubuh mengalamin letih yang mungkin tanpa kita sadari. Lakukan istirahat yang secukupnya saat kita sedang melakukan pekerjaan yang berat ataupun ringan, selain untuk meningkatakan kosentrasi hal ini juga baik untuk kesehatan. Jadi sempatkan waktu untuk beristirahat di cela pekerjaan anda.

baca juga : tentang motivasi dan tujuan

3. Buat Rencana Untuk Pekerjaan Anda
Dengan merencanakan atau menyusun kegiatan pekerjaan anda secara teratur ini akan berdampak pada nilai konsentrasi, dikarenakan anda terfokus dengan apa yang anda buat, dan sangat kecil sekali kemungkinan anda terlepas dari fokus tersebut untuk melakukan kegiatan diluar rencana anda. Kalau tidak melakukan hal ini besar sekali kemungkinan anda akan melakukan pekerjaan secara acak dan membuat bingung, sehingga menyebabkan kehilangan konsentrasi.

4. Kerjakan Apa Yang Sudah Di Depan Anda
Kerjakan apa yang sudah ada di depan dan sesegera mungkin di selesaikan hal ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yang bisa saja menyebabkan hilangnya konsentrasi. Contohnya saat sedang melakukan pekerjaan Handphone berbunyi. Kejadian ini akan menyebabkan kehilangan fokus.

5. Relaxasi Ringan
Lakukan relaxasi pada tubuh sebelum, saat, dan sesudah melakukan pekerjaan. Dengan cara menggerakan anggota tubuh seperti olahraga ringan, sehingga mendapatkan kenyamanan kembali setelah melakukan pekerjaan membuat otot terasa kaku. Ini juga dapat meningkatkan konsentrasi saat akan melanjutkan perkerjaan kembali dan melancarkan aliran oksigen ke otak.

6. Lupakan Kebisingan
Yang sering terjadi saat sedang berkonsentrasi untuk fokus pada suatu pekerjaan, sering kali kita mengalami gangguan luar seperti suara-suara yang sangat mengganggu contoh kecil suara orang bercerita, suara meja, atau suara bolpoin jatuh. Jelas saja ini sangat mengganggu fokus kita dalam berkonsentrasi. Jadi untuk menghindari hal ini cukup mudah yaitu dengan tetap fokus dan lupakan suara-suara tersebut.

baca juga : tips cara menghemat uang

7. Lakukan Pekerjaan Pada Tempatnya
Pada saat kita dirumah dan sedang mengerjakan pekerjaan seperti mengetik atau membaca, sering terjadi kita melakukannya bukan pada tempatnya. Misal bergeletak di lantai atau diatas kasur. Sebenarnya ini adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan pada situasi apapun. Kerena secara tidak langsung kita sudah melatih tubuh kita untuk menjadi MALAS!!. Jadi lakukan kegiatan ini pada tempatnya seperti di meja bekerja/meja belajar pribadi. Supaya konsentrasi kita tidak terganggu.

Itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi. yang mungkin bisa bermanfaat dalam menunjang pekerjaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

One Response

Leave a Reply