Jitu | Cara mengatasi kantuk di sekolah

tidur

Hai , di sini saya mau ngasih tau nih, cara mengatasi rasa kantuk saat proses belajar mengajar. Dari kebanyakan kita sering banget merasakan ngantuk, bukan? saat jam belajar. Itu bisa disebabkan oleh banyak faktor loh…. antaranya, bosan di kelas saat guru hanya menjelaskan dan belajar seperti itu-itu saja atau bahkan mungkin tidur larut malam. Untuk itu, di sini saya mau kasih cara mengatasi rasa kantuk itu saat lagi belajar. Supaya kita semua tidak merasa ngantuk lagi ya. Caranya adalah

1. Mengatur pola makan
Makanan yang kita makan banyak mengandung karbohidrat. Jadi dapat membuat kita ngantuk. Untuk itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ketika kita akan berangkat sekolah maupun makan pada waktu istirahat. Makan terlalu banyak juga gak baik lho buat kesehatan. Jadi jangan terlalu banyak ya.

2. Olahraga
Aktivitas harus seimbang, bukan? Jangan hanya makan, tidur, sekolah belajar, pulang saja. Tetapi juga harus diseimbangkan dengan aktivitas olahraga. Dengan melakukan olahraga tubuh akan menjadi bugar, sehat, dan semangat kembali.

3. Mengatur cara duduk
Ketika proses belajar mengajar berlangsung, aturlah cara duduk kamu. Jangan sampai menimbulkan rasa kantuk. Duduklah dalam posisi tidak menyendir di bagian sandaran kursi dan jangan duduk menempelkan kepala di atas meja. Itu dapat menyebabkan rasa kantuk.

4. Jangan bergadang
“Bergadang jangan bergadang kalau tiada artinya”. Ingat dengan lagu itu kan? Yappss, benar sekali, ini adalah tembangnya bang H. Roma Irama. Tahukan makna dari lagu ini. Jadi untuk apa kita bergadang berlarut-larut, kalau tidak ada artinya. Lebih baik tidur yang cukup dan nyenyak, agar keesokan harinya bangun tidur tidak kesiangan dan ketika disekolah tidak merasa ngantuk, belajarpun terasa lebih nyaman.

5. Cuci muka
ketika merasakan ngantuk saat proses belajar mengajar berlangsung. Sebaiknya kamu segera meminta izin kepada guru, untuk ke kamar kecil (WC). Cucilah mukamu menggunakan air sampai rata. Kemudian pada bagian leher belakang juga berikan sedikit air agar rasa kantuk benar-benar menghilang.

6. Tarik nafas
Bisa juga dengan cara menarik nafas. Tariklah nafas dalam-dalam tahan selama lima detik kemudian hembuskan. Lakukanlah berulang-ulang kali hingga rasa kantuk menghilang.

baca juga : manfaat kelas bersih

7. Lakukan aktivitas kecil
Rasa kantuk sangat mengganggu konsentrasi dalam belajar. Jadi lakukanlah aktivitas-aktivitas kecil di kelas. Seperti membersihkan dan merapikan meja atau barang-barangmu. Dengan meja yang rapi, pikiran dan penglihatan akan menjadi segar kembali.

Rasa kantuk itu sangat mengganggu konsentrasi danpola pikir dalam proses belajar mengajar dikelas. Ketika mengantuk, belajarpun akan terganggu sehingga dapat mengakibatkan, tidak paham akan materi yang disampaikan guru. Untuk itu ada Cara mengatasi kantuk di sekolah yaitu dengan mengatur pola makan, berolahraga, jangan bergadang, cuci muka, tarik nafas, dan lakukan aktifitas kecil agar rasa kantukmu hilang.
Nah, itulah tadi cara mengatasi rasa kantuk saat belajar belajar mengajar sedang berlangsung. Selamat mencoba ya 🙂

Leave a Reply