Cara Cepat Menerima Materi Pelajaran

Cara cepat menerima materi pelajaran

cara cepat menerima materi pelajaran

Berbagai konsep dan wawasan belajar mengajar disekolah telah muncul dan berkembang dengan seiring ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini, menjadi semakin penting untuk kemajuan suatu bangsa. Dalam memajukan anak-anak bangsa tentunya memiliki banyak kendala dalam mengajar.
Dalam mengajar seorang guru haruslah berkemampuan merumuskan pemikiran-pemikiran yang inovatif, kreatif, dan strategis berdasarkan sistem pendekatan secara ilmiah dan upaya dalam mengembangkan pendidikan yang lebih menyentuh.
Untuk melakukan upaya agar cepat menguasai pelajaran terbilang sulit. Karena setiap anak memiliki tingkat intelegensi yang berbeda-beda. Ada yang mudah dalam menguasai pelajaran dan ada juga yang sulit menguasai pelajaran yang telah diberikan. Hal ini tentunya membuat kita sering berpikir, bagaimana caranya agar anak-anak cepat menguasai materi yang diberikan.
Disini, ada beberapa cara cepat dalam menguasai pelajaran, yaitu:

1. Senang.
Senag dalam artian kita harus senang dulu terhadap guru yang mengajarnya. Karena ini sangat berperan penting sebagai penunjang. Jika kita senang terhadap guru yang mengajarnya. Maka belajarnya akan lebih bersemangat tinggi, lebih terasa enak dan nyaman. Dengan terciptanya suasana yang nyaman akan membuat kita menjadi rilex tidak merasa tegang. Sehingga kita cepat menguasai pelajaran. Jika belajar dalam keadaan tegang maka kita akan sulit menerima pelajaran yang diberikan.

2. Motivasi
Motivasi termasuk cara cepat untuk menguasai pelajaran. Dimana seorang guru memberikan serangkai usaha untuk melakukan sesuatu keadaan tertentu. Sehingga dapat membuat anak-anak bangkit untuk melakukan sesuatu yang tadinya tidak mau menjadi mau. Dan menghilangkan rasa tidak mau yang mereka miliki. Dengan adanya motivasi, anak-anak akan bergairah/bersemangat dalam belajar sehingga mudah dalam menerima dan menguasai pelajaran yang diberikan.

3. Membaca
Membaca adalah suatu proses belajar yang tujuannya untuk mengetahui, memahami isi, ide pokok, serta mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Dengan rajin membaca maka akan banyak memperoleh keuntungan didalamnya. Salah satunya kita akan cepat dalam menguasai pelajaran.

4. Membuat kesimpulan
Ketika proses belajar mengajar dikelas sedang berlangsung, sebaiknya kita mencatat hal-hal atau bagian yang terpenting dari penjelasan yang diberikan guru. Jangan hanya melongok dan mendengarkan saja. Melainkan kita harus mentelaah setiap kata yang dijelaskan guru. Setelah mencatat bagian yang penting tersebut, buatlah sebuah kesimpulan untuk pelajaran tersebut. Sehingga setelah membuat kesimpulan, maka akan lebih jelas lagi apa yang telah disampaikan guru.

5. Mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan guru.
Dengan cara ini, setelah belajar beristirahatlah sejenak, kira-kira 15 menit. Setelah itu ulanglah kembali pelajaran yang telah diberikan guru sebelumnya. Bahkan bisa mengulang kembali dirumah, dengan cara menirukan penjelasan seperti ibu guru didepan cermin.

6. Tidak karena keterpaksaan.
Belajar tidak boleh karena adanya paksaan dari orang lain. Belajar harus didasari dengan hati yang ikhlas tanpa paksaan dari siapapun. Jika kita telah lelah dalam belajar, sebaiknya beristirahatlah sebentar jangan terlalu memaksakan diri untuk meneruskannya. Jika belajar dengan terpaksa, belajarpun tidak akan pernah masuk sedikitpun. Maka belajarlah dengan hati dan tanpa paksaan dari orang lain

7. Harus fokus dan berkonsentrasi.
Dalam belajar kita harus konsentrati. Terlwbih lagi ketika guru sedang menjelaskan. Kita harus fokus dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru. Jangan hanya saja mendengarkan dan duduk manis, tapi pahamilah dengan seksama penjelasan guru tersebut. Lemudian tanyakanlah kepada guru dengan hal-hal yang kurang dipahami.

Adik-adik itulah cara cepat menguasai pelajaran dari kakak.semoga sangat bermanfaat dan membantu adik-adik dalam belajar. Kunci belajar itu adalah dengan hati yang iklhas dan tidak terpaksa. Maka pelajaran yang akan diterimapun cepat untuk dipahami dan dikuasai. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply