Berikut adalah Pengertian Tamak

Pengertian Tamak

Tamak adalah rakus atau serakah. Sifat tamak ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang yang sangat cinta dengan keduniaan. Orang tamak tidak akan puas dengan dengan kekayaan yang telah dimilikinya, selalu merasa kurang dan kurang. Mereka menginginkan yang banyak, setelah banyak menginginkan lebih banyak lagi dan seterusnya.

tamak

Hal ini sangat tidak baik, akan tetapi pada jaman modern sekarang ini tidaklah sedikit orang-orang seperti itu yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain hanya demi suatu kekeyaan sementara itu, contoh nyatanya saja adalah koruptor. Mereka inilah yang termasuk orang-orang yang tamak merasa serba kekurangan dan tidak pandai bersukur atas apa yang pernah mereka dapatkan. Untuk masalah dosa mereka hanya allah swt yang dapat menimbang balasan apa yang sangat sepadan dengan apa yang mereka perbuat.

Adapun ciri-ciri perbuatan tamak, yaitu :
1. Tidak pernah puas dengan kekayaan yang dimiliki.
2. Selalu menghitung untung rugi dengan materi, tidak mau melakukan sesuatu kalau tidak menguntungkan.
3. Hidupnya selalu terbelenggu untuk mencari keduniaan.
4. Tidak mau mengeluarkan uang jika tidak memberi keuntungan.
5. Tidak berpikir bahwa sebagian hartanya adalah milik fakir dan miskin.

Jika manusia menginginkan kejayaan, kebahagiaan dan kekayaan itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, harus di ingat bahwa segala sesuatu itu tidak harus semuanya terpenuhi secara berlebihan. Karena itu bukanlah tujuan hidup yang sebenarnya. Tamak dapat berdampak buruk yaitu dapat merugikan orang lain, hidupnya selalu dalam kegelisahan dan tidak pernah merasa bebas karena was-was hartanya akan berkurang.

baca juga tentang rezeki dari allah swt

Dengan demikian, kamu harus menghindari ketamakan. Karena sifat tersebut sangatlah merugikan diri sendiri. Kamu bisa menghindari ketamakan tersebut dengan cara berpola hidup sederhana, membiasakan menerima apa adanya, selalu melihat orang-orang yang dibawah sehingga merasakan penderitaan fakir miskin dan hidup dengan selalu bersyukur.

Leave a Reply