Mengenal bagian tubuh makhluk hidup

GuruMurid.com IP Manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan tuhan yang memiliki keunikan tersendiri.
kita dapat melakukan aktivitas seperti duduk, berdiri, berjalan karena kita memiliki rangka tubuh. Rangka tubuh makhluk hidup tersusun dari bagian-bagian tulang. Tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Yang menghubungkan antara tulang yang satu dengan yang lainnya disebut sendi. Sedangkan tulang-tulang yang tersusun secara teratur disebut rangka. Kemudian menggerakkan rangka disebut otot. Untuk lebih jelasnya pelajarilah materi berikut.

  1. Bagian-bagian rangka
    Rangka manusia terdiri dari 3 bagian yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan dan rangka anggota gerak.
  2. Rangka kepala (tengkorak)
    Rangka kepala meliputi tulang-tulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
    •Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas 2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahang atas dan bawah, 2tulang air mata, tulang langit-langit, tulang pisau kuku, 1tulang lidah. Bentuk wajah manusia dipengaruhi oleh otot wajah.
    •Tulang pelindung otak meliputi 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang pelipis.
  3. Rangka badan
    Rangka badan manusia tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dibentuk oleh tujuh ruas tulang. Tulang leher bersambung dengan tulang punggung hingga tulang ekor. Tulang ekor dibentuk oleh 26 ruas tulang. Jadi jumlah ruas tulang leher sampai tulang ekor adalah 33 ruas. 33 tulang ini disebut juga tulang belakang. Adapun nama-nama tulang penyusun rangka yaitu tulang tengkorak, ruas rulang leher, tulang selangka, tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk, tulang lengan atas, ruas tulang pinggang, tulang panggul, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, ruas jari tangan, tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, ruas jari kaki.
  4. Rangka anggota gerak
    Rangka anggota gerak tersiri atas tulang-tulang anggota gerak atas ( tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

Fungsi rangka yaitu menguatkan dan menegakkan tubuh, menentukan bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, melindungi bagian tubuh yang penting dan halus.

  1. Sendi
    Hubungan antar tulang-tulang manusia sehingga tulang dapat digerakkan disebut sendi. Sendi  yang terdapat apada tubuh manusia yaitu;
  2. Sendi engsel, adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela dan pintu. Contohnya sendi engsel pada siku dan lutut yang menghubungkan dengan ruas jari-jari.
  3. Sendi pelana, adalah sendi yang bergerak kedua arah yaitu ke samping dan ke belakang. Contohnya seperti tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.
  4. Sendi peluru, adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah.
  5. Sendi gesee, adalah sendi tempat ujung yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Contohnya diantara delapan tulang pergelangan tangan.
  6. Sendi putar, adalah sendi tempat yang satu beeputar mengwlilingi tulang lainnya. Contohnya terdapat pada tulang leher dan tulang tengkorak.

 

  1. Alat indra
  2. Indra penglihat (Mata)
    Mata adalah indra penglihat. Berbentuk seperti bola. Mata terdiri atas bagian-bagian penting yang melindungi mata.
    a. Alis mata berfungsi untuk mencegah masuknya keringat.
    b. Kelopak mata berfungsi untuk menutup bola mata, untuk berkedip membasahi mata, mengiringi kotoran keluar dari mata.
    c. Kelenjar mata berfungsi untuk menghasilkan air mata. Air mata berguna untuk membasahi kornea, melindungi mata dari kuman.
    d. Bulu mata berfungsi untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.
    e. Lapis sclera yaitu lapis terluar nerwarna putih yang dinamakan kornea.
    f. Lapis koroid yaitu lapisan tengah yang membentuk iris.
    g. Retina yaitu menerima cahaya yang diteruskan oleh bagian mata depannya.
    h. Lensa mata  sebuah benda bening yang berbentuk cembung.
    i. Otot mata berguna untuk menambatkan bola mata pada dinding rongga mata dan menggerakkan bola mata.
    j. Saraf mata merupakan saraf penglihatan.
    k. Cairan bola mata berguna untuk memberi bentuk pada mata.
  3. Indra Pendengar (Telinga)
    Telinga merupakan indra untuk mendengar. Twlinga hanya mampu mendengarkan suara yang berfrekuenai antara 20-20.000 getar per detik (hertz). Adapun bagian-bagian yang terdapat pada telinga yaitu;
    a. Telinga luar terdiri atas daun telinga yang berguna untuk menangkap suara dari luar. Kemudian suara yang ditangkap diteruskan ke lubang telinga menuju ke gwndang telinga.
    b. Telinga bagian tengah terdiri atas tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketiga tulang tersebut disebut tulang pendengaran. Berfungsi untuk menerima suara dari telinga bagian luar.
    c. Telinga bagian atas tingkap jorong, bundar, 3 saluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea).
  4. Indra Pembau (Hidung)
    Indra pembau disebut juga dengan indra pencium.  Hidung terdiri dari dua bagian, yaitu lubang hidung dan rongga hidung. Rongga hidung terbentuk oleh tulang hidung dan tengkorak. Pada rongga hidung terdapat selapu lendir/membran mukus dan rambut halus disebut bulu hidung/silia yang berguna untuk menyaring kotoran.
  5. Indra Pengecap (lidah)
    Alat pengecap kita adalah lidah. Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil . Bintil tersebut terdapat ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsangan rasa makanan atau minuman.
  6. Indra Peraba (Kulit)
    Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita. Kulit terdiri dari lapisan epidermis yang tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Kulit ari berfungsi untuk mencegah masuknya bibit-bibit penyakit. Lapisan malpighi tersusun atas sel-sel aktif membelah diri. Yang kedua lapisan dermis, berada dibawah/disebelah epidermis yang terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah. Yang ketiga lapisan hipodermis adalah lapisan kulit yang paling dalam yang mengandung banyak jaringan lemak untuk menghangatkan tubuh.

Dengan demikian, kita wajib bersyukur kepada Tuhan YME karena telah diciptakan dalam bentuk tubuh yang paling sempurna. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki terdapat dan terdiri dari rangka-rangka dan tulang-tulang otot yang dapat menggerakkan tubuh manusia. Diberikan alat indra berupa penglihatan, penciuman, perasa, pendengaran dan alat peraba sesuai denga fungsi yang telah dimilikinya masig-masing.

Leave a Reply