Bagian Alat Pernapasan Manusia

bronkusPernapasan pada manusia sering juga disebut dengan istilah “respirasi”. Respirasi bertujuan untuk menghasilkan energi yang sangat diperlukan untuk aktivitas hidup. Jadi kegiatan bernafas dan respirasi saling berhubungan satu sama lain. Pada proses pernapasan dimasukkan udara dari luar (oksigen), kemudian oksigen berguna untuk proses respirasi untuk memperoleh energi. Berikut ini alat-alat pernapasan pada manusia, yaitu:

1. Hidung
Hidung adalah alat pertama tempat udara masuk dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat bagian berguna untuk menyaring udara, mengukur kelembaban udara, dan menghangatkan udara masuk ke paru-paru.

2. Pangkal tenggorok
Setelah udara masuk melalui hidung udara tersebut masuk ke faring (hulu kerongkongan). Faring ini merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dan rongga hidung ke kerongkongan. Rongga hidung terdapat anak tekak yang berfungsi menutup rongga hidung, ketika kita sedang makan. Apabila penutup tersebut belum tertutup, maka kita akan tersedak. Setelah masuk melalui faring kemudian ke pangkal tenggorok (laring). Laring ini terdapat di kutub pangkal tenggorok (epiglotis). Jika udara menuju ke tenggorok, anak tekak bertemu dengan pangkal tenggorok yang berguna untuk membuka jalan ke tenggorok, kemudian kutup tersebut menutup pangkal. Maka waktu bernapas kutup akan membuka.

3. Batang tenggorok (Trakea)
Batang tenggorok berbentuk pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan. Panjangnya sekitar 10 cm dan terletak di daerah leher. Di dalam batang tenggorok terdapat selaput lendir yang berfungsi untuk menolak debu. Pernahkah kalian bersin-bersin atau batuk? itu disebabkan karena saluran pada batang tenggorok ada lendir atau debu sehingga dapat mengganggu jalannya pernapasan.

4. Cabang batang tenggorok (Bronkus)
Cabang batang tenggorok terbagi dua macam yaitu bronkus sebelah kanan dan bronkus sebelah kiri. Cabang tenggorokan ini menuju ke paru-paru. Sebelah kanan terbagi menjadi 3 bronkiolus sedangkan sebelah kiri menjadi dua bronkiolus. Kemudian bronkiolus bercabang lagi berbentuk pembuluh-pembuluh halus. Cabang-cabang yang halus kemudian masuk ke dalam gelombang paru-paru atau alveolus. Pada dinding alveolus oksigen berdifusi ke dalam darah sedangkan karbon dioksida dan air dilepaskan.

5. Paru-paru
Oksigen yang terdapat di dalam alveolus berdifusi menembus dinding kapiler darah yang mengelilingi alveolus. Setelah itu oksigen masuk ke pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah. Sehingga berbentuk oksihemoglobin. Akhirnya oksigen diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh setelah sampai ke dalam sel-sel seluruh tubuh. Oksigen dilepaskan Oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Oksigen digunakan untuk oksidasi karbon dioksida yang dihasilkan respirasi, diangkut oleh plasma darah melalui pembuluh darah menuju ke paru-paru. Sampai di alveolus karbondioksida dikeluarkan melalui saluran pernapasan saat kita menghembuskan nafas.

Dengan demikian, bernapas adalah zat-zat yang diperlukan tubuh yaitu oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Pernapasan sering disebut dengan respirasi yaitu diperlukan untuk aktivitas hidup, yang bertujuan untuk menghasilkan energi. Alat pernapasan terdiri dari hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, cabang batang tenggorok dan paru-paru. Itulah bagian alat pernapasan Manusia semoga bermanfaat.

Leave a Reply