6 Manfaat Belajar Matematika Yang Belum Banyak Di Ketahui

Waduh (sambil garuk-garuk kepala), ini nih, pelajaran yang sangat banyak sekali ditakuti anak-anak dari zaman dahulu. Kenapa sih alasannya?. Sebenarnya belajar matematika itu sangat mengasyikkan lhoo…. dibawa enjoy aja. Jangan tersugest oleh rasa ketakutan anda. Karena rasa ketakutan anda dapat membuat saraf-saraf anda tegang terutama pada otak. Salah satu fungsi otak yaitu untuk berfikir. Jika saraf-saraf anda tegang maka otakpun tidak bisa berpikir dengan sehat dan jernih.

matematika

Pernahkah kalian berpikir, kenapa sih harus belajar matematika? Tentunya semua ada manfaatnya jika kita pelajari. Bukan hanya belajar tetapi juga dalam hal umum lainnya semua ada manfaatnya sekecil apapun itu. 6 Manfaat belajar matematika yaitu:

1. Belajar matematika dapat memecahkan suatu permasalahan.
Belajar matematika itu sebenarnya diharuskan, karena kalau tidak bisa maka akan rugi diri kita sendiri. Kita tidak bisa memecahkan suatu permasalahan. Maka dari itu, belajarlah matematika dengan sungguh-sungguh. Dengan belajar matematika dapat memecahkan suatu permasalahan. Baik pemecahan dalam pengerjaan soal-soal maupun pemecahan permasalahan lainnya. Seperti, mengukur jarak jalan, pemecahan masalah dalam membangun rumah atau lainnya.

2. Belajar matematika dapat membantu untuk berdagang.
Dasar belajar matematika adalah berhitung. Berhitung juga dapat bermanfaat untuk berdagang. Jika anda berdagang, harus pintar berhitung. Jika tidak pintar dalam berhitung akan kesulitan dalam berdagang. Anda juga tidak akan keliru ketika menerima dan membayar kembalian dari pembeli sehingga tidak rugi dalam berdagang.

3. Belajar matematika dapat menjadi dasar pokok ilmu.
Matematika menjadi dasar pokok ilmu maksudnya matematika itu adalah suatu pelajaran pokok tentang ilmu berhitung sehingga ketika belajar ekonomi, akuntansi, kimia, fisika dan lainnya sudah lebih paham dan tidak terlalu mengalami kesulitan. Jika tidak bisa pokoknya saja maka akan kesulitan dalam pelajaran hitungan lainnya.

4. Belajar matematika dapat membuat kita lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh.
Masih ingatkah anda, ketika gurumu memberikan soal-soal untuk dikerjakan? Menyelesaikan soal-soal tersebut haruslah dengan hati-hati, harus dengan teliti perhatikan benar apa pertanyaannya, berapa angkanya atau lainnya. Lakukan dengan cermat jangan putus asa dan jangan ceroboh. Agar jawaban yang anda jawab benar. Jadi dalam penyelesaian dalam mengerjakan soal dapat melatih anda menjadi orang yang teliti, cermat dan tidak ceroboh.

5. Belajar matematika dapat melatih cara berpikir.
Belajar matematika sangatlah menuntut anda untuk berpikir. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam berpikir. Ada kemampuan berpikirnya cepat ada juga yang lambat. Dengan mengerjakan penyelesaian soal dapat melatih cara berpikir anda untuk lebih keras lagi. Ketika jawaban anda salah, harus diperbaiki sampai jawabannya benar. Sehingga tujuan anda untuk menyelesaikan soal tersebut mendapat hasil yang memuaskan.

baca juga : manfaat belajar agama

6. Belajar matematika dapat melatih kesabaran.
Benarkah, belajar matematika dapat melatih kesabaran?. Humm, tentu saja iya. Penyelesaian permasalahan dalam matematika itu rumit dan panjang sehingga dapat melatih anda untuk menjadi orang yang sabar dalam mengerjakannya.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat belajar matematika. Belajar matematika itu sangatlah penting, apalagi dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak bisa berhitung maka ketika berbelanja, anda akan mengalami kesulitan. Waduhh, rugi bangetkan. Jadi, belajarlah matematika dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply