4 Cara Menjaga hubungan antar kepala sekolah dengan guru

guru

Kepala sekolah adalah orang yang menduduki jabatan dan yang berprofesi sebagai guru. Kepala sekolah merupakan acuan bagi guru-guru dan murid-murid. Fungsi kepala sekolah sangat luas dan tanggung jawabnya sangat besar merangkup semua aspek tentang sekolah.

Hubungan antara kepala sekolah dan guru tidak selalu mulus. Ada saja permasalahan yang kerap kali timbul. Apalagi kepala sekolah yang tidak baik dan kurang bertanggung jawab akan selalu menjadi bahan perbincangan guru-guru disekolah. Begitupun dengan sebaliknya. Untuk itu, ini ada 4 Cara Menjaga hubungan antar kepala sekolah dengan guru secara baik. Adapun caranya, yaitu :

1. Menjalin silaturahmi dan memupuk rasa kekeluargaan.
Antara kepala sekolah dengan guru memiliki batasan-batasan tertentu. Tapi jangan jadikan batasan tersebut sebagai penghalang dalam memupuk rasa kekeluargaan. Sebaiknya kepala sekolah, masuk ke ruang guru setidaknya 3 kali dalam seminggu. Jangan hanya berdiam diri saja diruangan. Kunjungilah guru-guru untuk sekedar mengobrol tentang pribadi maupun tentang pekerjaan.

2. Kepala sekolah harus datang lebih awal dari guru-guru.
Jika Anda sebagai kepala sekolah, datanglah lebih awal dari guru-gurumu. Anda adalah cerminan bagi mereka. Ciptakanlah kedisiplinan terhadap yang lainnya. Jadi datanglah lebih awal kemudian berdirilah didepan gerbang sekolah untuk menyambut dan menyalami guru-guru dan murid-murid yang datang.

baca juga : pengalaman unik saat proses mengajar

3. Terbuka tentang dana BOS
Dana bos adalah bantuan operasional untuk sekolah. Semua dana untuk keperluan sekolah seperti alat tulis kantor, uang makan dan lainnya semua ada dananya. Nah, sebaiknya dana untuk makan guru berikanlah tanggung jawab kepada bendahara untuk membelikan makanan dan minuman untuk setiap harinya. Jangan tidak diberikan. Anda harus terbuka masalah dana yang keluar masuk agar tidak tercipta kesalah pahaman.

4. Saling komunikasi dan memberikan informasi
Kepala sekolah sebaiknya selalu berkomunikasi dan memberikan informasi kepada guru-guru. Apalagi ketika anda tidak masuk karena sakit atau ada keperluan. Beritahulah kepada guru-guru. Jangan tidak masuk sekolah tanpa kabar. Sebaliknya juga dengan guru. Apabila guru mendapat informasi dari sekolah lain tentang apa saja, sebaiknya beritahukanlah kepada kepala sekolah. Jangan diam saja. Karena komunikasi itu sangat penting.

baca juga : solusi setelah lulus sekolah

Dengan demikian, kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang besar atas sekolah, guru-guru dan murid-murid. Untuk menjaga hubungan antara kepala sekolah dengan guru jalinlah silaturahmi dan ciptakan rasa kekeluargaan, harus datang lebih awal dari guru dan murid, terbuka tentang dana bos agar tidak teejadi kesalah pahaman, serta harus selalu berkomunikasi dan memberikan informasi satu sama lain.

Leave a Reply